TPU Tegal Alur Buka Blok Baru untuk Pemakaman Jenazah Protap Covid-19

Rabu, 21 Oktober 2020 - 12:46 WIB
loading...
TPU Tegal Alur Buka Blok Baru untuk Pemakaman Jenazah Protap Covid-19
TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, membuka blok baru untuk pemakaman jenazah protap Covid-19.Foto/SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur , Jakarta Barat khususnya Blok AA1 sudah dipenuhi pemakaman jenazah protap Covid-19 . Rencananya pengelola makam akan kembali membuka blok baru khusus untuk pemakaman jenazah Covid-19 .

Area baru yang akan dibuka berada di Blok AA2, tepat di belakang makam dekat waduk yang kini bersiap digunakan untuk jenazah pasien covid. Pemilihan Blok AA2 lantaran memang tinggal area belakang yang masih tersisa untuk pemakaman di unit Islam TPU Tegal Alur.

Pantauan di lokasi, alat berat ekskavator dari Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat dikerahkan untuk menggali lubang makam. Hal ini dikarenakan kontur tanah disana cukup keras sehingga memakan waktu jika petugas harus menggali secara manual.

Di sana pun terihat, dua ambulans milik Dinas Pemakaman DKI Jakarta yang membawa jenazah Covid-19. Satu jenazah sedang dimakamkan petugas, satu jenazah lain masih menunggu di dalam mobil. (Baca: Sudah 3 Hari Banjir Rob Rendam Permukiman Warga di Muara Karang)

Seorang petugas makam TPU Tegal Alur, Asep mengatakan, sudah sejak awal Oktober pemakaman protap Covid-19 dipindahkan ke blok baru ini. Meski tak merinci pasti, dari perhitungan sepintas, dia menyebut sudah sekira 100 jenazah protap Covid-19 yang dimakamkan di blok baru ini.

"Kalau yang di blok lama kan memang sudah penuh. Sudah sekitar 2.000 jenazah yang dimakamkan di sana," ujar Asep di lokasi, Rabu (21/10/2020). Asep menuturkan, sejak awal pandemi pada Maret hingga saat ini, jumlah pemakaman protap Covid-19 di TPU Tegal Alur setiap harinya masih tinggi. Dalam sehari, kata Asep, masih 10 jenazah protap Covid-19 yang dimakamkan.

"Dibanding bulan bulan sebelumnya ya masih sama saja, pokoknya kita tetap siaga saja di sini. Kalau ada jenazah datang langsung kita makamkan," tutupnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)