33 Orang Diamankan saat Aksi Demo di Patung Kuda

Selasa, 20 Oktober 2020 - 19:09 WIB
loading...
33 Orang Diamankan saat Aksi Demo di Patung Kuda
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana (tengah), Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kiri), dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurahman (kanan) saat meninjau aksi demo di Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020). Foto: Okezone
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menyampaikan aksi demonstrasi 2010 di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020) berlangsung kondusif.

"Alhamdulillah sampai saat ini aksi unras berjalan tertib. Kami dari petugas yakni TNI dan Polri layani, kawal, dan amankan aksi ini," ujar Nana di lokasi, Selasa (20/10/2020). (Baca juga: Lempari Polisi dengan Botol, Sekelompok ABG Nurut saat TNI Minta untuk Segera Pulang)

Sekitar 10.000 pasukan gabungan yang dikerahkan untuk mengawal aksi hari ini. "Kami amankan di Istana kemudian DPR, HI dan sentra-sentra ekonomi. Dalam rangka antisipasi jangan sampai aksi didompleng atau ditumpangi kelompok-kelompok antikemapanan. Ini tentu kami pun persiapkan cadangan sekitar 5.000-6.000 dari TNI dan Polri," katanya.

Aksi pelajar juga berkurang dari hari sebelumnya. "Keterlibatan para pelajar ataupun kelompok anarko tidak sebesar beberapa hari sebelumnya," ucap Nana.
(Baca juga: So Sweet, Ini Momen Mahasiswa Bersahabat dengan Polisi)

Meski demikian, ada 30-an orang yang diamankan di sekitar Monas, Jakarta Pusat. "Saat ini 33 orang yang kami amankan, ini kami amankan bukan kami tangkap. Di sekitar sini, sekitar Istana saja. Ini sedang berproses," ungkapnya

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurahman menambahkan aksi kali ini berjalan kondusif. "Pada dasarnya TNI dan Polri dalam menghadapi demo, saya lihat ini aksi damai mahasiswa biasa. Jadi tidak ada yang anarkis," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)