Pelajar Demo Anarkis, Sosiolog: Mereka Mudah Terpancing

Kamis, 15 Oktober 2020 - 00:03 WIB
loading...
Pelajar Demo Anarkis, Sosiolog: Mereka Mudah Terpancing
Sejumlah pelajar diamankan polisi saat hendak mengikuti demo tolak UU Cipta Kerja. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berbeda dengan mahasiswa dan buruh yang lebih elegant dalam menyampaikan aspirasinya saat melakukan unjuk rasa . Demo dan penyampaian pendapat yang dilakukan pelajar jauh lebih anarkis, gelora jiwa muda, membuat mereka mudah untuk bertindak anarkis.

“Jadi mereka dengan mudah terpancing, dipantik sedikit akan langsung bergelora. Wajar ini bagian dari jiwa muda,” kata Rektor Ibnu Chaldun, Prof Musni Umar, Rabu 14 Oktober 2020. ( )

Musni menyebutkan fenomena ini baru terjadi belakangan ini, tepatnya saat kejadian Al Maidah menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) beberapa waktu silam. Disitulah tayangan televisi mempertontonkan bagaimana kekerasan terjadi.

Dari kondisi itu, masyarakat khususnya anak pelajar menjadi terlibat. Ketertarikan mereka akan demonstrasi, dan rasa ingin tahu yang besar membuat mereka tertarik ingin demo. (Baca Juga: Pelaku Perusakan Fasilitas di Jakarta Diburu Polda Metro Jaya)

“Ini bagian dari mereka peduli. Persoalan mereka ngerti apa masalahnya di kesampingkan, yang terpenting mereka hadir karena ikut menyuarakan,” katanya. ( )
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)