Jadi Empat Lajur, Arus Lalu Lintas di Kalimalang Lancar

Selasa, 13 Oktober 2020 - 18:33 WIB
loading...
Jadi Empat Lajur, Arus Lalu Lintas di Kalimalang Lancar
Pemberlakuan empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/10/2020) membuat akses jalan menjadi lebih lancar. Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Kesemrawutan dan kemacetan yang kerap terjadi di Jalan Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi berubah seketika saat mulai diberlakukan empat lajur. Akses menuju Kabupaten Karawang dan DKI Jakarta tersebut menjadi lebih lancar.

Awalnya tiap jalur hanya ada satu lajur. Saat ini tiap jalur baik itu arah ke Kota Bekasi maupun Karawang menjadi dua lajur. Penerapan itu dimulai dari pertigaan Cibuntu (STTD Setu) menuju Tegal Gede, Cikarang Selatan hingga Tegal Danas, Cikarang Pusat. (Baca juga: Jalan Kalimalang Akses Penting Menghubungkan 3 Kota dan 2 Provinsi)

Diaktifkannya empat lajur, arus lalu lintas di Jalan Inspeksi Kalimalang, Kabupaten Bekasi lebih teratur dan lancar. Biasanya di titik pertigaan Cibuntu arah STTD Setu kerap kali terjadi kemacetan. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan yakni papan arah atau petunjuk jalan hingga barrier di median jalan belum terpasang maksimal.

Kasat Lantas Polres Metropolitan Bekasi AKBP Ojo Ruslani mengungkapkan hari pertama pemberlakuan dua jalur empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang, arus lalu lintas menjadi lebih lancar. ”Lalu lintas lebih lancar yang jalurnya sempit menjadi lebar, jadi kemacetan di Kalimalang terurai,” ujarnya, Selasa (13/10/2020).

Dia yakin satu pekan ke depan masyarakat atau pengendara sudah mengetahui atas diterapkannya empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang. Rambu-rambu petunjuk dan arah jalan bakal lebih diperbanyak lagi. Sejumlah median jalan yang belum ada pembatas bakal dipasang agar kendaraan tidak masuk jalur berlawanan. (Baca juga: Hari Ini, Jalan Inspeksi Kalimalang Bekasi Uji Coba Empat Lajur)

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja berkomitmen bakal menata dan mempercantik Jalan Inspeksi Kalimalang. Sebab, sejak lama kondisi jalan penghubung Jakarta maupun Karawang itu kumuh. ”Secara bertahap sampai nanti dari perbatasan Kota Bekasi hingga Karawang. Nanti Jalan Kalimalang kita lebih percantik lagi,” katanya.

Pemkab Bekasi juga akan melakukan peningkatan jalan, perbaikan jalan hingga pembangunan taman di median agar tidak terlihat kumuh. ”Tahun ini kita kan lagi bangun dua jembatan yakni Cibitung-Tegal Gede dan Jembatan Sukadanau di Cikarang Barat,” ungkapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)