Pemkot Tangerang Siapkan 160 Kamar Gratis untuk Isolasi di Hotel Kyriad

Minggu, 04 Oktober 2020 - 20:35 WIB
loading...
Pemkot Tangerang Siapkan 160 Kamar Gratis untuk Isolasi di Hotel Kyriad
Petugas melakukan persiapan untuk tempat isolasi mandiri di Hotel Kyriad, Neglasari. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG - Warga terpapar Covid-19 di wilayah Kota Tangerang, bisa melakukan isolasi mandiri di Hotel Kyriad, Neglasari. Hotel ini bisa digunakan mulai Senin, 5 Oktober 2020.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kota Tangerang dr Dini mengatakan, terdapat sebanyak 160 tempat tidur yang disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) di hotel ini.

"Kapasitas di Hotel Kyriad 160 tempat tidur, dan bisa digunakan mulai Senin besok," kata Dini, di Puspemkot Tangerang, Minggu (4/10/2020). (Baca juga: Ini 15 Kriteria Hotel Tempat Isolasi Mandiri)

Saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan. Mulai dari alat medis yang dibutuhkan, hingga beberapa kebutuhan pelengkap lainnya. Diharapkan mulai Senin bisa dioperasikan sesuai target.

"Hotel Kyriad ini dikhususkan bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala. Sejauh ini, Dinas Kesehatan telah mempersiapkan 16 tenaga Kesehatan yang akan bertugas di lokasi isolasi Hotel Kyriad," bebernya.

Untuk jumlah tenaga medis, katanya, bisa saja nanti berkurang. Namun, jika terjadi situasi genting akan bertambah. Untuk sementara ini baru ada 16 tenaga medis yang disiapkan.

"Semoga dengan lokasi yang nyaman, pasien bisa lebih cepat proses pemulihannya. Tidak terkecuali tenaga medis, bisa bekerja lebih maksimal dengan lokasi dan kelengkapan alat medis yang lebih memadai," tukasnya.

Perawatan di hotel ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi warga yang ber KTP Kota Tangerang. Dengan catatan, pasien harus dirawat di puskesmas dan ada bukti PCR (+). (Baca juga: Update, 1.134 WNI Sembuh dari Covid-19)

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, dengan ketersediaan ruang isolasi yang memadai, diharapkan dapat mendukung percepatan pemulihan bagi pasien Covid-19 OTG.

"Keberadaan lokasi-lokasi isolasi mandiri yang disediakan Pemkot Tangerang semoga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi potensi penularan, terlebih mengurangi angka penularan pada cluster keluarga," paparnya.

Ditambahkan Sachrudin, ketersediaan kamar tambahan sebanyak 210 yang tersedia di beberapa lokasi saat ini sudah penuh. Dengan adanya hotel ini, maka tambahan kamar sebanyak 160 tempat tidur yang ada.

"Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk melakukan penanganan kasus Covid-19 dengan maksimal. Baik dari fasilitas, tenaga medis atau kebutuhan masyarakat, selama pandemi belum berakhir," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)