Gembong Narkoba Asal China Kabur, Dua Petugas Lapas Tangerang Dinonaktifkan

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 20:20 WIB
loading...
Gembong Narkoba Asal China Kabur, Dua Petugas Lapas Tangerang Dinonaktifkan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Dua petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, dinonaktifkan, karena terindikasi turut membantu pelarian terpidana mati gembong narkoba asal China, Cai Cangpan alias Cai Ji Fan alias Antoni. Keduanya saat ini sedang diperiksa polisi.

"Saat ini dua orang, yakni Kepala Keamanan dan Komandan Jaga, dinonaktifkan," ujar Kabag Humas dan Protokol, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Rika Aprianti, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/10/2020).

Rika menjelaskan, penonaktifan keduanya dilakukan demi menjalani pemeriksaan lebih lanjut. "Mereka saat ini sudah dipindahkan ke Kantor Ditjen PAS Wilayah Banten," katanya. (Baca: Terpidana Mati Kabur, Kakanwil Kemenkumham Banten Terancam Dicopot)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus sebelumnya mengungkapkan, ada dugaan keterlibatan dua oknum lapas dalam pelarian Cai Cangpan.

"Ada indikasi sementara ini dua pegawai melakukan kelalaian. Yang pertama adalah inisialnya S, dia sipir lapas. Kemudian satu lagi adalah inisialnya S, dia PNS dari lapas " kata Yusri di Polda Metro Jaya.

Keduanya diduga berperan dalam pelarian Chai Cangpan dengan membantu melakukan pembelian sejumlah barang untuk menggali lubang dari kamar lapas. (Baca juga: Polisi Heran, Tak Ada Suara dan Bekas saat Cai Changpan Gali Lubang)

Keduanya saat ini belum ditetapkan sebagai tersangka. Polisi masih akan melakukan gelar perkara terkait perkara tersebut untuk menaikan status dari penyelidikan ke penyidikan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)