Puskesmas Tanah Sareal Jadi Tempat Simulasi Vaksin Covid-19, Pemkot Bogor Lakukan Ini

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 19:32 WIB
loading...
Puskesmas Tanah Sareal Jadi Tempat Simulasi Vaksin Covid-19, Pemkot Bogor Lakukan Ini
Puskesmas Tanah Sareal di Kota Bogor. Foto: Okezone/Dok
A A A
BOGOR - Puskesmas Tanah Sareal di Kota Bogor ditunjuk sebagai satu dari dua tempat simulasi vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah pusat. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan merumuskan metode simulasi vaksinasi yang akan dilakukan pemerintah pusat itu.

"Saya harus mencoba untuk merumuskan metodenya, siapa, berapa banyak (vaksin), paling tidak ada kondisi riil di lapangan dan permasalahn yang bakal dihaadapi apa saja, itu perlu dibahas," ujar Ketua Satuan Tugas Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Bogor Dedie A Rachim, Jumat (2/9/2020).

Dedi yang juga Wakil Wali Kota Bogor menyebutkakn, perlu dibahas lebih lanjut tentang ketersediaan fasilitas kesehatan di puskesmas yang bakal dijadikan vaksinasi nasional corona.

"Ini perlu saya pertanyakan juga ke kepala puskesmasnya, apakah fasilitas atau ada peninngkatan jumlah terkonfirmasi positifnya," kata Dedie. (Baca juga: 4 Pegawai Kejari Bogor Positif COVID-19)

Dedie mengapresiasi perhatian pemerintah pusat melalui kementerian kesehatan yang berencana menjadikan Kota Bogor sebagai tempat simulasi bersama dengan Bali.

"Yang jelas kita apresiasi kepada semua pihak, baik pemerintah pusat maupun provinis. Bahkan beberapa hari terakhir ini Bogor mendapat perhatian dari provinsi, hingga Kapolda berkantor di Kota Bogor," katanya.

Tak hanya itu, belum lama ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sempat mengeluarkan instruksi terkait penanganan Covid-19 yang mengadopsi Pembatasan Sosial Berskala Makro dan Komunitas (PSBMK) di Kota Bogor. (Baca juga:Menlu Sebut Uji Klinis Vaksin China Dilaporkan Tidak Ada Efek Berat)

"Pak gubernur telah mengeluarkan intruksi gubernur mengadopsi perarturan psbmk Kota Bogor tentang kegiatan usaha. Di situ disebutkan meminta Gubernur DKI dan Bante, untuk melaksanakan pola bersama di Bodebek sehingga idak parsial," katanya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Tanah Sareal, drg Masayu Rubianti, mengatakan, dari 25 puskesmas yang ada di Kota Bogor, lahan Puskesmas Tanah Sereal merupakan yang terluas, yakni 1.390 meter per segi.

Terkait tenaga kesehatan dan fasilitas yang ada di Puskesmas Tanah Sareal, juga termasuk lengkap. Ada layanan ponet 24 jam, IGD, laboratorium hingga rawat inap dengan 42 tenaga kesehatannya.

"Kita jumlah tenaga medis ada 42 orang, terus fasilitas ada IGD, laboratorium dan sisanya sesuai dengan program Puskesmas lain. Kami ada layanan ponet layanan bersalin 24 jam itu yang membedakan dengan puskesmas lain. Kalau bed rawat inap kita ada 12, ponet 3 bed dan IGD 3 bed," jelasnya.

Selain itu, ada tim survilance bekerjasama dengan kelurahan dan RW Siaga untuk memantau pasien terkonfirmasi Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah.

"Kami juga bekerjasama di kelurahan dan RW Siaga di dalamnya ada kader pemantau yang memantau pasien. Kita punya tim covid sendiri, yang di SK-kan ada 6, tapi seluruh tenaga kesehatan di puskesmas ini menjadi tim juga," beber Masayu.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)