Gembong Narkoba Kabur, Polisi Dalami Sistem Shift Penjagaan di Lapas Tangerang

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 15:23 WIB
loading...
Gembong Narkoba Kabur, Polisi Dalami Sistem Shift Penjagaan di Lapas Tangerang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Kepolisian masih mendalami dugaan keterlibatan petugas Lapas Klas I Tangerang terkait pelarian terpidana mati gembong narkoba asal China, Cai Cangpan alias Cai Ji Fan alias Antoni. Diketahui Cai Changpan kabur melalui lubang di bawah tempat tidurnya yang digali selama delapan bulan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Chai Cangpan baru ketahuan petugas setelah 11 jam kabur dari selnya. Selama waktu itu, ada tiga shift petugas yang bergantian untuk berjaga.

"Dalam 11 jam (pelarian) ada 3 shift, gimana sistem cek tahanan ini kita harus dalami lagi," kata Yusri kepada wartawan Jumat (2/10/2020). (Baca juga; Polisi Heran, Tak Ada Suara dan Bekas saat Cai Changpan Gali Lubang )

Yusri menjelaskan, berdasarkan keterangan rekan sekamar pelaku, petugas yang berjaga sempat menanyakan apakah tahanan dalam kondisi lengkap atau tidak dan saat itu sempat dijawab lengkap.

Namun kata Yusri, polisi akan menggali lebih jauh setiap shift yang berjaga, termasuk apakah saat pemeriksaan itu dilakukan pengecekan secara langsung atau hanya menanyakan tanpa melihat kondisi di dalam lapas. "Ini kami akan melakukan pemeriksaan bersama tim dari internal lapas ini," ungkapnya.

Selain itu tambah Yusri, pihaknya juga akan mempelajari semua barang bukti termasuk rekaman CCTV lapas. Termasuk petugas yang bertugas menjaga CCTV yang tertidur. "Kami asas praduga tak bersalah ya, karena kami masih mendalami para petugas dari lapas apakah ada kelalaian, semua masih kami dalami semuanya," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan (CJF) kabur dari Lapas Klas I Tangerang pada Jumat 18 September 2020. Cai Ji Fan adalah narapidana narkoba yang divonis hukuman mati dan ditahan sejak 2017. (Baca juga; Polisi Fokus ke Hutan Tenjo Bogor Tempat Cai Changpan Bersembunyi )
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)