Satgas Covid-19 Tambah Tempat Pasien OTG di Wisma Atlet Kemayoran

Sabtu, 26 September 2020 - 15:04 WIB
loading...
Satgas Covid-19 Tambah Tempat Pasien OTG di Wisma Atlet Kemayoran
Mobil ambulance mengantre di sekitar Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto/Dok/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sebagai langkah mengantisipasi flat isolasi mandiri di Wisma Atlet , Kemayoran, Jakarta Pusat, mengalami kehabisan tempat bagi pasien Orang Tanpa Gangguan (OTG) . Satuan Tugas Gabungan Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 mulai mempersiapkan penambahan tempat.

Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19, Letkol (L) M Arifin mengatakan, saat ini pimpinan satgas telah menentukan tower 8 Wisma Atlet, Pademangan digunakan untuk pasien positif Covid-19 dengan status OTG. (Baca juga: Pengecekan Rutin Ojol Cegah Penyebaran Covid-19 )

"Jadi ini dipakai untuk mem-back up persiapan dari tower 4 dan tower 5 yang ada di Kemayoran. Dimana kita ketahui daya tampungnya di tower itu sudah mulai menipis artinya sudah menampung 1.200-an di tower 4 sudah 85% terisi," kata Arifin kepada SINDOnews di Wisma Atlet Pademangan, Sabtu (26/9/2020). (Baca juga: 2 Pekan PSBB Ketat, Kasus Harian Positif Covid-19 di Jakarta Masih di Atas 1.000 )

Dijelaskan Arifin, ada tower 8 Wisma Atlet Pademangan terdiri dari 18 lantai dan mampu menampung sekitar 1. 500 pasien. "Jadi di dalam satu gedung ini terdapat 524 kamar. Dimana setiap kamarnya terdapat tiga tempat tidur. Jadi satu keluarga bisa tinggal dalam satu unit," tuturnya.

Terkait soal kesiapan untuk digunakan, Arifin menjelaskan, hingga saat ini baik dari fasilitas gedung maupun fungsi hampir selesai. "Jadi ini persiapannya sudah chek in kemungkinan semua sudah terpasang, sudah 80% perkiraan sudah siap," katanya. (Baca juga: PSBB Ketat Berlanjut, Disiplinkan Warga hingga RT/RW )

"Mungkin ruang poli lantai dasar masih belom terpasang AC dan nanti kita siapkan sekat buat tower 8 dan tower 9 dikasih pembatas. Diharapkan ini pasien yang mandiri dalam kondisi sehat dan bisa beraktivitas sendiri," tambahnya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2252 seconds (10.101#12.26)