Dukung Tenaga Medis Lawan Corona, AGI Sumbang Ratusan APD dan Paket Buka Puasa

Minggu, 03 Mei 2020 - 14:29 WIB
loading...
Dukung Tenaga Medis Lawan Corona, AGI Sumbang Ratusan APD dan Paket Buka Puasa
AGI menyumbangkan 150 buah paket buka puasa, 400 APD ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bantuan untuk tenaga medis dalam memerangi virus Corona (Covid-19) masih terus mengalir. Kali ini Asosiasi Galvanis Indonesia (AGI), asosiasi industri pencelupan baja untuk melindungi baja dari karat, kembali menyumbangkan 150 buah paket buka puasa dan 400 Alat Pelindung Diri (APD). Bantuan APD terdiri atas face shield dan hazmat suit, serta vitamin dan susu, yang diserahkan ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Bantuan tersebut sebagai penutup rangkaian kegiatan program AGI Peduli dalam upaya mendukung tenaga medis di tengah pandemi Covid-19.

"Sebagai asosiasi dari industri yang ada di Indonesia di bawah naungan Departemen Perindustrian RI, kami merasa terpanggil untuk peduli dan ikut serta memberikan dukungan kepada para pejuang medis yang merupakan garda terdepan dari perjuangan kita melawan pandemi Covid 19,” kata Ketua Umum AGI Suwirja Dinata dalam keterangannya, Minggu (3/5/2020).

Dalam upaya penanganan Covid-19, kata dia, persediaan APD terutama di rumah sakit rujukan dan darurat semakin menipis. Padahal sebagai garda terdepan, APD merupakan perlindungan utama bagi para tenaga medis yang sehari-harinya bertemu dengan pasien. Kesehatan mereka juga perlu diperhatikan.

"Dengan memberikan dukungan ini kami berharap para pejuang medis mengetahui bahwa bangsa indonesia, khususnya industri kami memperhatikan mereka dan mereka tidak berjuang sendirian," ucapnya.

Koordinator yang juga Wakil Ketua Umum AGI Harris Hendraka menambahkan, program AGI Peduli telah menyumbangkan total lebih dari 1.000 paket nasi, 1.200 face shield, 500 hazmat suit, 200 boks susu, dan 50 boks vitamin.

Dimulai sejak 16 April 2020 berupa paket makan siang sehat untuk para dokter dan perawat di 6 rumah sakit darurat maupun rujukan untuk Covid-19, yakni RSCM, RSUD Pasar Minggu, RS Wisma Atlet, RS Fatmawati, RSUP Persahabatan dan RS Pelni.

Dilanjutkan dengan pemberian APD hazmat suit ke RSPI Sulianti Saroso serta bantuan susu dan makanan ringan ke RSUD Kota Bekasi. (Baca juga: Ikut Rapid Test Covid-19 Massal, 122 Orang di Tangsel Ternyata OTG )

Selain di Jakarta, AGI juga menyumbangkan APD face shield kepada dua rumah sakit di Surabaya, yakni RS Dr Soetomo dan RS Unair. AGI juga telah menyiapkan sekitar 3.000 pcs masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu sebagai bentuk dukungan terhadap imbauan pemerintah untuk selalu menggunakan masker guna mencegah penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

"Kami sangat bersyukur bahwa para anggota AGI sangat mendukung kegiatan AGI Peduli ini. Tanpa dukungan mereka, semua ini tidak akan terwujud. Harapan kami dengan melihat perjuangan para dokter, perawat dan tenaga Kesehatan di Indonesia, pandemi ini dapat cepat berakhir, sehingga kita bisa kembali membangun Indonesia, negeri yang kita cintai," tutup Suwirja.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)