alexametrics

Dikerjakan Maret, Aspal Sirkuit Monas Bongkar Pasang

loading...
Dikerjakan Maret, Aspal Sirkuit Monas Bongkar Pasang
Pengaspalan di cobblestone Monas, Jakarta Pusat. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Pengaspalan Monumen Nasional (Monas) yang bakal digunakan untuk balapan Formula E akan dikerjakan pada Maret 2020. Pengawasan akan dilakukan dengan melibatkan tim teknis dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, cobblestone atau batu alam di Monas bukan cagar budaya. Menurutnya, cagar budaya itu adalah Cawan, Tugu, dan silang empat itu. Namun, pihaknya tetap akan menjaga kelestarian lingkungan.

"Kita buat lapisan aspalnya di atas geotextile. Setelah selesai nanti dibongkar. Ada tim teknis dari ITB yang melakukan pengawasan," kata Hari saat dihubungi, Kamis (25/2/2020).



Hari menjelaskan, pengaspalan yang akan dilakukan pada Maret 2020 itu dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo selaku badan usaha yang ditugaskan untuk menyelenggarakan balapan formula E. Dinas Bina Marga hanya memberikan rekomendasi.

Nantinya, kata Hari, aspal yang dikelupas akan di daur ulang menjadi aspal kembali. Dia pun berjanji akan memperbaiki apabila ada cobblestone yang mengalami kerusakan. (Baca juga: Kantongi Izin, Jakpro: Monas Jadi Sirkuit Sudah Melalui Kajian)

"Jadi gini untuk pengelupasan itu kan tidak termasuk cagar budaya. Setelah dibongkar itupun aspalnya enggak dibuang, masih bisa dimanfaatkan untuk aspal lagi," pungkasnya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak