Tampung ODP dan PDP, Rumah Lawan Covid di Tangsel Miliki Fasilitas Hotel

Rabu, 15 April 2020 - 06:55 WIB
loading...
Tampung ODP dan PDP, Rumah Lawan Covid di Tangsel Miliki Fasilitas Hotel
Pemkot Tangsel meresmikan Rumah Lawan Covid-19 di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Ciater. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan meresmikan Rumah Lawan Covid-19 di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) Ciater.

Rumah ini dikhususkan untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Tangsel. Daya tampungnya cukup luas sehingga tidak sumpek.

Fasilitas yang dimiliki cukup lengkap, mirip hotel. Diharapkan selama 14 hari ditampung di tempat ini pasien ODP maupun PDP tidak stres dan cepat pulih dari Corona.

Koordinator Rumah Lawan COVID-19 Kota Tangsel dr Suhara mengatakan, rumah penampungan ini memiliki daya tampung 400 orang dan punya 148 tempat tidur. (Baca juga: Persiapan PSBB, Kota Tangerang Tambah 380 Ruang Isolasi)

"Fasilitasnya cukup lengkap, ada WiFi, TV di kamar, 24 toilet yang dilengkapi shower, dispenser di tiap ruangan, mesin cuci, setrika, jemuran dan medical room. Kita juga kerja sama dengan psikolog," ujarnya, Selasa (14/4/2020).

Tempat ini terisolasi dari permukiman warga dan memiliki akses langsung ke Tandon Ciater. Ada juga kawasan perumahan dekat tempat ini, namun jaraknya terpisah.

"Pasien juga akan diberikan siraman rohani. Petugas kesehatan kita bagi menjadi tiga shift. Satu shiftnya terdiri dari 6 orang, dokter, perawat, cleaning service, penyaji makanan, relawan, dan sopir ambulans," ucapnya. (Baca juga: Korban Meninggal Terkait Corona di Tangsel Capai 50 Orang)

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, warga yang memiliki ODP tanpa gejala dan PDP dengan gejala ringan bisa dirawat di sini. “Bila kondisinya membaik bisa langsung dipulangkan. Tetapi jika semakin parah, maka langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan. Ini komitmen Pemkot Tangsel dalam menangani pasien Covid-19," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)