Sejumlah Wilayah di Jakut Banjir, Seluruh Pompa dan Petugas Disiagakan

Jum'at, 24 Januari 2020 - 14:49 WIB
Sejumlah Wilayah di Jakut Banjir, Seluruh Pompa dan Petugas Disiagakan
Sejumlah Wilayah di Jakut Banjir, Seluruh Pompa dan Petugas Disiagakan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara memastikan seluruh unit pompa disiagakan dalam mengatasi genangan . Termasuk menyiagakan petugas operator, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH), Suku Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatu jauh sebelum memasuki musim penghujan. Kesiapan mulai dari pompa, petugas, hingga mendata titik-titik potensi genangan.

"Segala kesiapan sudah kita siapkan jauh hari sebelum musim penghujan datang. Jadi untuk saat ini hanya tinggal melaksanakan apa yang direncanakan sebelumnya," kata Ali saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (24/1/2020).

Untuk saat ini, dipastikannya seluruh unit pompa, baik stasioner maupun mobil dioperasikan pada titik-titik genangan di seluruh wilayah Jakarta Utara. Termasuk menyiagakan petugas gabungan untuk mempercepat genangan surut maupun mengatur arus lalu lintas.

"Dari semalam kita juga sudah kondisikan kesiapan untuk semua posko di kecamatan dan kelurahan, juga ada pengecekan dati tingkat kota. Terutama kita perhatikan di titik titik yang lokasinya rawan genangan. Pembagian tugas dan pengaktifan semua pompa. PPSU dan petugas lainnya turun ke lokasi mengecek tali-tali air agar tidak tersumbat. Untuk petugas Sudin Perhubungan dan Satpol PP juga bertugas untuk pengamanan dan mengatur arus lalu lintas agar lancar," tuturnya.

Dia menerangkan, genangan yang terjadi di sejumlah titik rawan saat ini masih berkisar setinggi 30 sampai 40 sentimeter. Sehingga belum ada warga yang diungsikan ke posko pengungsian. Begitu pun arus lalu lintas yang masih dilalui kendaraan bermotor.

Aliran air di sejumlah kali seperti Kali Sunter, Kali Angke, hingga Kali Cakung Drain terpantau normal. Tidak ada luapan atau sumbatan aliran air yang bermuara ke Laut Jawa.

"Sampai saat ini belum ada warga yang diungsikan. Tapi kita sudah siapkan posko pengungsiannya. Jalur yang tergenang juga masih bisa dilalui kendaraan atau masih banyak jalur alternative di sekitar lokasi genangan," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5047 seconds (0.1#10.140)