Pastikan Tak Rusak, E-Drives Satpas SIM Daan Mogot Resmi Kembali Digunakan

Senin, 20 Januari 2020 - 19:30 WIB
Pastikan Tak Rusak, E-Drives Satpas SIM Daan Mogot Resmi Kembali Digunakan
Pastikan Tak Rusak, E-Drives Satpas SIM Daan Mogot Resmi Kembali Digunakan
A A A
JAKARTA - Setelah 19 hari tak digunakan E-Drives kembali digunakan dalam pengujian SIM di Satpas SIM Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (20/1/2020). Penggunaan E-Drives dilakukan setelah proses pengecekan terhadap sensor rampung.

"Alhamdulillah pemeriksaan perangkat E-Drives selesai dan hari ini E-Drives sudah beroperasi kembali," kata Kasie SIM Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin, Senin (20/1/2020).

Sebelumnya, banjir melanda Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, awal tahun baru lalu. Banjir merendam kantor Satpas SIM hingga satu meter. Kondisi ini membuat E-Drives yang dioperasikan pada 5 Desember 2019 terpaksa diungsikan.

Pihaknya mendatangkan teknisi untuk memeriksa berbagai perangkat dalam E-Drives meski sensor sudah dimatikan saat terjadi banjir. Sensor yang sensitif dan menggunakan teknik komputer membuat pengecekan memakan waktu lama. “Setelah dicek tak ada satupun alat yang rusak,” kata Lalu.

E-Drives merupakan teknologi yang diterapkan Ditlantas Polda Metro Jaya dalam penilaian pembuatan SIM. Terdapat empat teknologi yang diterapkan E-Drives yakni Radio Frequency Identification (RFID), passive infrared, vibration sensor, dan ultrasonik.

Dengan sistem E-Drives, uji praktik SIM dapat dilakukan dengan beberapa peserta uji sekaligus secara simultan. Hasil pengujian dapat dilihat penguji di lapangan yang terintegrasi melalui tablet dan layar monitor kemudian ditunjukkan pada peserta ujian.
(jon)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4322 seconds (0.1#10.140)