Ini Penyebab Banjir di Lima Ruas Jalan Jakarta Timur

Rabu, 18 Desember 2019 - 23:02 WIB
Ini Penyebab Banjir di Lima Ruas Jalan Jakarta Timur
Ini Penyebab Banjir di Lima Ruas Jalan Jakarta Timur
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur rata lima wilayah DKI, Selasa 17 Desember 2019 membuat lima ruas jalan di Jakarta Timur terendam banjir. Penyebabnya karena sumur resapan yang dibuat Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur tidak mampu menahan tingginya intensitas hujan.

"Untuk Jalan Raya Lapangan Tembak penyebabnya karena hilir aliran salurannya di perkecil oleh KPAD. Kita sudah buat 4 sumur resapan di pinggir dan sempat efektif selama 2 kali hujan namun hujan kemarin karena intensitas tinggi jadi sumur resapan engga nampung, namun cepat surut," kata Kepala seksi pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Puryanto, saat dikonfirmasi, Rabu (18/12/2019).

Dia menuturkan, guna mengantisipasi agar genangan air tidak meluas ke jalan-jalan di Jakarta Timur, pihaknya tengah berkoordinasi dengan KPAD untuk melakukan normalisasi saluran.

"Kita minta kelurahan Cibubur dan KPAD agar bisa normalisasi saluran ke KPAD," tuturnya.

Sementara itu penyebab genangan air di Jalan Komodor Halim diakibatkan ada saluran yang tersumbat sehingga membuat aliran air tidak lancar. Kemudian di Jalan Pemuda Raya penyebab genangan air diakibatkan karena belum didirikan sumur resapan.

"Untuk Jalan Komodor Halim saat ini sedang ada pekerjaan saluran juga di sana. Untuk Jalan Pemuda Raya Rawamangun tanah menjadi masalah dan rencana satgas SDA Kecamatan Pulogadung akan turun langsung ke lapangan," ujarnya.

Selanjutnya untuk dua jalan lainnya yakni Jalan Kayu Manis dan Jalan Bojana Tirta genangan air muncul diakibatkan karena banyaknya endapan lumpur di saluran air tersebut.

"Kami saat ini sedang melakukan pengerukan oenghubung alu-alu dekat Rumah Sakit Persahabatan menggunakan 2 unit wheel mini excavator dan dibantu dengan tenaga manual dari satgas," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7861 seconds (0.1#10.140)