Cegah Banjir, Pemkot Jaktim Kerahkan Damkar Bersihkan Saluran Air

Minggu, 27 September 2020 - 09:05 WIB
loading...
Cegah Banjir, Pemkot Jaktim Kerahkan Damkar Bersihkan Saluran Air
Pemkot Jakarta Timur mengerahkan personel pemadam kebakaran untuk membersihkan saluran air. Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mengerahkan personel pemadam kebakaran untuk membersihkan saluran air. Upaya itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir akibat saluran air yang tersumbat.

Kasi Ops Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Pemyelanatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya dilibatkan dalam mengatasi banjir dengan cara membersihkan saluran air di jalan permukiman warga. "Penyemprotan lubang-lubang tali air agar sampah dan lumpur yang menyumbat aliran air bisa hilang. Jadi waktu hujan tiba, air yang masuk ke dalam saluran air menjadi lancar," kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (27/9/2020).

Gatot menuturkan, kegiatan membersihkan saluran air dari sampah dan lumpur akan dilaksanakan bertahap. Langkah itu sebagai persiapan menghadapi banjir yang diperkirakan terjadi pada akhir Oktober 2020."Kepala Dinas Damkar menginstruksikan para Kepala Sektor Pemadam untuk bekerja sama dengan Lurah dan Camat. Kita sisir wilayah yang kerap menjadi titik penyumbatan yang mengakibatkan adanya genangan," ujarnya. (Baca: Pagi Ini Jakarta Berawan, Waspada Hujan Petir Sore Hari)

Menurut Gatot, dengan penyemprotan menggunakan air bertekanan tinggi diharapkan tumpukan lumpur serta sampah dapat teratasi. Sehingga, pekerjaan Dinas SDA dan PPSU dapat sedikit berkurang."Kita sudah siap dan sudah dirapatkan. Untuk pelaksanaan kita koordinasi bersama Lurah dan Camat agar dapat berjalan lancar," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)