alexametrics

Hadapi Musim Penghujan, Pemkot Jakbar Normalisasi Saluran Lingkungan

loading...
Hadapi Musim Penghujan, Pemkot Jakbar Normalisasi Saluran Lingkungan
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah saluran lingkungan mulai dibenahi Pemkot Jakarta Barat (Jakbar). Normalisasi dan revitalisasi dilakukan guna menghadapi musim penghujan yang diprediksi datang akhir tahun ini.

Pantauan SINDOnews, kondisi ini hampir terjadi di sejumlah titik jalan, seperti kawasan Kebon Jeruk, Kembangan, Taman Sari, hingga Palmerah. Di beberapa lokasi itu, Pemkot Jakbar melalui Sudin Tata Air Jakarta Barat melakukan pembenahan, termasuk mengeruk endapan lumpur yang menahan air.

Seperti di depan Kantor Wali Kota Jakarta Barat, pembenahan dilakukan di kali yang melingkari kantor wali kota. Setelah beberapa bulan lalu pengerukan dilakukan, kali ini pembenahan dilakukan di saluran air. Pondasi kali pun sudah terbangun.



Kasudin Tata Air Jakarta Barat, Purwanti Suryandari, mengatakan, pembenahan dilakukan agar aliran air lancar. Saat ini proyek normalisasi sedang berjalan, termasuk merivitalisasi kawasan itu. “Satu paket, dan kini tengah dikerjakan. Semoga akhir tahun selesai,” ujar Purwanti, Kamis (3/10/2019).

Purwanti melanjutkan, selain di Kembangan, pembenahan juga dilakukan di beberapa titik jalan di sejumlah wilayah. Seperti Taman Sari, Palmerah, dan Kebon Jeruk.
“Kita manfaatkan musim kemarau, supaya pas musim hujan kita sudah siap,” kata Purwanti.

Sementara di Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, normalisasi dilakukan di Jalan Bumi Indah RT 10 dan 11, RW 09, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Di kawasan itu, pengerukan saluran dilakukan sepanjang 200 meter dengan kedalaman satu meter. Pengerukan sudah dilaksanakan sejak 17 September lalu dengan mengerahkan 17 personel.

“Saat ini pekerjaan sudah mencapai 50 persen,” kata Kasatpel SDA Kecamatan Kebon Jeruk Nurdin.

Untuk saluran yang terbuka saat ini pekerjaan pengerukan sudah selesai. Sedangkan yang tertutup pihaknya akan membongkarnya terlebih dahulu, selanjutnya akan dibuatkan main hole per lima meter untuk memudahkan pengurasan saluran. "Total pengerjaan kita perkirakan satu minggu lagi selesai," tandasnya.

Dewan Kota Jakarta Barat, Rasyid Ridho mengapresiasi Sudin Sumber Daya Air Jakarta Barat yang cepat menindaklanjuti laporan warga. Terutama terkait pengurasan saluran air di Jalan Bumi Indah RT 10,11 RW 09, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk.

Rasyid yang merupakan warga sekitar mengatakan, apabila saluran dipenuhi sedimen lumpur, mala ketika turun hujan akan mengakibatkan genangan hingga 30-40 sentimeter.

"Dari tahub 1988 saluran ini belum pernah dilakukan pengerukan. Baru saat ini langsung ditindaklanjuti oleh Sudin SDA," tutup Rasyid.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak