Belum Dibuka, HWI Glodok Mulai Diserbu Pemilik Toko

Jum'at, 12 Juni 2020 - 17:15 WIB
loading...
Belum Dibuka, HWI Glodok Mulai Diserbu Pemilik Toko
Sejumlah pemilik toko memenuhi kawasan sentra ekonomi HWI Glodok, Jakarta Barat, Jumat (12/6/2020). Foto: SINDOnews/Yan Yusuf
A A A
JAKARTA - Sekalipun kawasan sentra ekonomi HWI Glodok belum dibuka, namun sejumlah pemilik toko mulai memenuhi kawasan itu, Jumat (12/6/2020). Mereka tampak berkerumun di sekitar kawasan perniagaan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

Pantauan di lokasi Jumat siang, kerumunan terlihat mulai dari depan Pasar HWI Lindeteves hingga depan dan samping LTC Glodok. Parkiran kendaraan yang ada di bahu jalan juga terlihat dipenuhi sepeda motor.

Sementara di Pasar HWI Lindeteves, sejumlah kerumunan terlihat di emperan depan pasar. Mayoritas dari mereka adalah karyawan toko yang berniat membuka toko.

Beberapa petugas keamanan pasar bersama TNI sempat melarang karyawan dan pemilik toko untuk buka. Bahkan beberapa diantara diminta untuk bubar, namun hingga beberapa menit diimbau para karyawan dan pemilik toko tetap bertahan di emperan toko.

"Belum buka pak, hari Senin baru buka lagi," jawab petugas keamanan kepada para pekerja yang berniat masuk ke dalam Pasar HWI Lindeteves. (Baca: 15 Juni 2020, 80 Pusat Perbelanjaan di Jakarta Dibuka Serentak)

Lantaran tak mau membubarkan diri, mereka terpaksa dibubarkan oleh petugas Satpol PP Kecamatan Tamansari yang sedang patroli. Sembari membubarkan massa, mereka memberikan imbauan melalui pengeras suara bahwa pasar masih tutup.

Selain itu, petugas juga membagikan surat edaran tentang pemberitahuan waktu operasional pasar selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta. "Hari ini masih tutup, baru buka hari Senin tanggal 15 Juni. Itu pun pakai sistem ganjil genap sesuai nomor tokonya," kata M Relawan, komandan keamanan Pasar HWI Lindeteves.

Relawan mengakui mayoritas yang berkerumun di depan pasar adalah para pedagang maupun karyawan toko yang berjualan di pasar ini. "Mereka ini pedagang yang masih bertahan dipikir gedung ini buka. Tapi kita udah kasih edaran dan pengumuman juga kalau sekarang masih tutup," ucapnya.

Dalam surat edaran yang dibagikan, dijelaskan bahwa Pasar HWI Lindeteves akan beroperasi mulai Senin 15 Juni 2020 mulai Pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. (Baca juga: Ratusan Aparat Gabungan Dikerahkan Pantau Kedisiplinan Warga di Kawasan Tanah Abang)

Operasional toko diberlakukan sistem ganjil genap yakni tempat usaha yang bernomor ganjil hanya boleh beroperasi di tanggal ganjil, begitu juga sebaliknya. Para pedagang dan pembeli pun diharuskan memenuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, salah seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya yang sedang menunggu di depan Pasar HWI Lindeteves mengaku dari kemarin pasar sudah buka. "Ini lagi mau ada razia saja kayaknya jadinya begini, kemarin sih buka," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)