Tingkatkan Pelayanan, DKI Tambah Alat Canggih di Halte Transjakarta

Kamis, 26 September 2019 - 10:29 WIB
Tingkatkan Pelayanan, DKI Tambah Alat Canggih di Halte Transjakarta
Tingkatkan Pelayanan, DKI Tambah Alat Canggih di Halte Transjakarta
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pelanggan, antara lain dengan melanjutkan pengembangan infrastruktur seperti halte, kelengkapan jalur dan sebagainya. Manajemen PT Transportasi Jakarta berharap masyarakat ikut menjaga keutuhan dan memelihara semua fasilitas tersebut, demi peningkatan layanan transportasi secara keseluruhan.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, seharusnya peserta demo tahu diri, jangan bertindak vandal, tidak perlu merusak fasilitas umum. Termasuk fasilitas TransJakarta, karena semuanya diadakan untuk kepentingan mereka juga.

"Semua peralatan dan kelengkapan TransJakarta tidak bersalah, jadi tolong jangan dirusak,” kata PT Transportasi Jakarta kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/9).

Salah satu upaya TransJakarta dalam meningkatkan kualitas layanan tersebut adalah dengan melengkapi semua halte bus dengan PIS (Passenger Information System). Dengan perangkat ini, pelanggan yang berada di halte dapat mengetahui secara lebih tepat tentang waktu kedatangan armada bus yang akan mereka gunakan.

Dijelaskannya, TransJakarta saat ini sudah melengkapi setiap halte dengan minimal dua unit PIS, untuk memastikan waktu tiba bus ketika pelanggan menunggu di halte. “Unit pertama kami letakkan untuk mengetahui arah kedatangan, dan unit kedua kami pasang untuk mengetahui arah keberangkatan,” kata Nadia.

Nadia mengungkapkan, sebelum dilengkapi PIS pelanggan tidak bisa mengetahui secara pasti berapa lama mereka harus menunggu bus di halte. “Sekarang ada PIS, pelanggan jadi tidak perlu khawatir untuk mengetahui kapan waktu kedatangan bus, sehingga waktu tunggu dapat diestimasi dan dapat digunakan lebih optimal,” kata Nadia.

Ditambahkannya, fungsi lain dari PIS adalah memberikan informasi-informasi sehubungan dengan pelayanan TransJakarta, misalnya nomor-nomor penting dan berbagai informasi menarik lainnya.

“Bukan hanya kedatangan bus, jadi PIS TransJakarta ini juga bisa menampilkan video dan informasi berupa teks tentang layanan TransJakarta dan instansi terkait, bahkan juga iklan”, tambahnya.

Nadia menuturkan bahwa perangkat PIS tersebut saat ini sudah tersedia di semua halte. “Dari seluruh halte yang ada yaitu 247 halte, sudah terpasang 447 unit PIS, dari seluruhnya 516 unit PIS yang akan disediakan,” katanya menjelaskan.

Ia berharap PIS dapat memberikan kenyamanan pelanggan di halte. “Mudah-mudahan dengan layanan yang lebih baik, dapat menarik minat warga Jakarta untuk beralih ke transportasi massal terbesar dan terintegrasi yang disediakan bagi warga Jakarta ini.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3604 seconds (0.1#10.140)