Tangsel Gelontorkan Rp800 Juta Tangani Bau Sampah TPA Cipeucang

Rabu, 31 Juli 2019 - 06:11 WIB
Tangsel Gelontorkan Rp800 Juta Tangani Bau Sampah TPA Cipeucang
Tangsel Gelontorkan Rp800 Juta Tangani Bau Sampah TPA Cipeucang
A A A
TANGERANG SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) masih mempunyai banyak pekerjaan rumah (PR), saah satunya adalah pengelolaan bau sampah di TPA Cipeucang, Serpong. Bahkan, untuk menghilangkan bau sampah itu pemkot telah menggelontorkan anggaran hingga ratusan juta rupiah.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pihaknya telah menggunakan dua cara untuk mengatasi bau sampah itu. Seperti menyiram sampah dengan cairan atau obat penangkal bau, hingga menyebarkan ular pemakan sampah yang bisa mengurangi aroma busuk sampah.

"Pemkot sudah melakukan banyak hal untuk menghilangkan bau tersebut. Antara lain menggunakan cairan kimia penghilang bau, dan ulat yang memakan sampah," katanya kepada SINDOnews, Selasa 30 Juli 2019.

Namun, untuk ulat pemakan sampah saat ini sudah tidak digunakan lagi. Karena dianggap tidak berhasil mengurangi bau menyengat sampah di lingkungan sekitar.

"Teknisnya saya enggak hafal. Ulat sekarang tidak digunakan lagi, karena kurang efektif mengatasi bau sampah. Untuk total anggarannya, setelah saya tanyakan ke dinas terkait Rp800 juta," jelas Benyamin.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Yepi Suherman menambahkan, untuk menghilangkan bau sampah dilakukan dengan penyemprotan.

"Waktu penyemproran cairan kimia tersebut dilakukan secara berkala, ketika gas metan mengalami penguapan. Pagi ketika gas metan menguap, bisa juga ketika sampah yang diangkut datang," sambung Yepi.

Dijelaskan dia, penyemprotan dengan zat kimia cair tersebut sudah berjalan lama. Bahkan, kini telah menganggarkan ongkos belanja cairan kimia hampir Rp1 miliar.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPRD Tangsel asal Partai Gerindra Ahmad Syawqi mengatakan, polusi udara yang ditimbulkan oleh TPA Cipeucang banyak mendapat keluhan dari masyarakat.

"Pengelolaan sampah masih jadi problem serius Pemkot Tangsel, khususnya dinas yang terkait dalam penanganan sampah belum bisa menyelesaikannya," kata Syawqi kepada wartawan. (Baca Juga: DPRD Tangsel Soroti Masalah Bau Sampah di TPA Cipeucang(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6140 seconds (0.1#10.140)