Peluang Duel Lawan Ahok, Anies: Pilkada Harus Tentang Rakyat Bukan Siapa yang Berada di Panggung

Sabtu, 20 Juli 2024 - 18:16 WIB
loading...
Peluang Duel Lawan Ahok,...
Bacagub Jakarta, Anies Baswedan menanggapi hasil survei yang kemungkinan akan terjadi duel kembali dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub Jakarta 2024. Foto/SINDOnews/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menanggapi hasil survei yang kemungkinan akan terjadi duel kembali dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilgub Jakarta 2024. Ia menegaskan bahwa kontestasi Pilkada Jakarta harus tentang rakyat bukan siapa yang ada di panggung utama.

"Jadi pilkada ini harus pilkada tentang rakyat. Bukan pilkada tentang siapa yang berada di panggung saja," ujar Anies di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (20/7/2024).



Anies menegaskan bahwa saat ini dirinya fokus pada warga Jakarta bagaimana caranya warga terlindungi dan terlayani dengan baik.

"Keluarga Jakarta merasa terlindungi, keluarga-keluarga anak-anaknya bisa sekolah, pelayanan kesehatannya baik, kesempatan kerjanya tersedia lebih luas untuk usaha bagi rumah tangga-rumah tangga di Jakarta lebih mudah. Jadi fokus kami di situ dan proses pilkada ini adalah tentang warga Jakarta. Bukan tentang siapa yang berada di panggung," tuturnya.

"Ini yang harus jadi perhatian kita, karena warga Jakarta ini merasakan betul kondisi perekonomian dunia sedang berat. Ekonomi nasional juga punya tantangan besar dan rakyat di Jakarta merasakan juga. Kita merasakan warung-warung, ojek, kemudian pedagang kaki lima, toko-toko, baik yang toko online, yang toko offline semua sedang membutuhkan perhatian soal kebijakan perekonomian di sini itu yang jadi fokus," jelasnya.

Berikut adu kuat elektabilitas Anies versus Ahok dalam beberapa hasil survei:

Survei Libang Kompas

Litbang Kompas mengadakan survei pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di Jakarta. Hasilnya,

Anies 29,8% dan Ahok 20,0% Margin of error survei ini kurang lebih 4,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei Proximity Indonesia

Jajak pendapat ini dilakukan pada 16-25 Mei 2024 dengan responden 800 orang di Jakarta. Hasilnya Anies teratas dengan elektabilitas 18,50% dan posisi kedua Ahok 14%.

Survei ASI

Arus Survei Indonesia menggelar jajak pendapat pada 23-29 April 2024 dengan 400 responden dipilih secara acak. Hasilnya Anies di posisi pertama dengan elektabilitas 19,8% dan Ahok di posisi empat dengan tingkat keterpilihan 5,8%.



Posisi kedua dan ketiga Ridwan Kamil dan Heru Budi. Margin of error survei ini kurang lebih 4,9%.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)