Unggul di Survei Pilkada Jakarta, Ridwan Kamil Optimistis Menang Satu Putaran

Kamis, 19 September 2024 - 23:49 WIB
loading...
Unggul di Survei Pilkada...
Bakal Cagub Jakarta Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada media di kawasan Jakarta Timur, Kamis (19/8/2024). FOTO/SINDOnews/DANAN DAYA ARYA PUTRA
A A A
JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) menempati posisi pertama dalam survei yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Atas hasil survei itu, Ridwan Kamil optimistis bisa menang satu putaran di Pilkada 2024.

"Ya optimis (menang satu putaran)," kata Ridwan Kamil di kawasan Jakarta Timur, Kamis (19/8/2024).

Dia menilai hasil survei itu sebagai pertanda kalau warga Jakarta yakin dengan program yang ditawarkan RIDO akan memberikan solusi untuk permasalahan warga.



"Ya kita menunjukkan bahwa warga makin yakin, bahwa kita fokus pada solusi-solusi yang mudah dipahami karena orang Jakarta kan kritis-kritis dan rasional," sambungnya.

Ridwan Kamil menambahkan dalam survei internal, elektabilitas RIDO juga berkisar di angka 51%-57%. Dia berharap angka survei itu terus naik hingga akhirnya bisa memenangkan pasangan RIDO di Pilkada 2024.

"Mudah-mudahan Allah kabulkan, kami ingin menang dengan cara baik, tidak boleh ada money politics semua fastabiqul khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan," tuturnya.

Untuk diketahui, LSI merilis hasil jajak pendapat terkini elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024-2029. Pasangan Ridwan Kamil-Suswono jauh berada di atas rivalnya Pramono Anung-Rano Karno dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.


"Kalau misalkan pilkada dilakukan pada saat kita mengadakan survei, itu berarti Ridwan Kamil sudah melewati batas 50% lebih yang dipersyaratkan untuk dinyatakan gubernur terpilih di Jakarta," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparan hasil surveinya secara daring, Rabu (18/9/2024).

Dari data hasil survei yang dirilis LSI, Ridwan Kamil-Suswono menempati peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 51,8%. Pramono Anung-Rano Karno mengantongi elektabilitas 28,4%. Posisi ketiga paslon jalur independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana dengan elektabilitas 3,2%.

"Tidak ikut memilih sebesar 3,9%," ujarnya.

Survei LSI dilakukan pada 6-12 September 2024 dengan metode wawancara tatap muka langsung 1.200 responden yang dipilih dengan menggunakan metode multistage. Toleransi kesalahan atau margin of error survei ini ±2.9%, dengan tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)