Gerindra Usung Maesyal Rasyid, Mad Romli Terancam Gagal Maju Pilbup Tangerang

Kamis, 11 Juli 2024 - 17:46 WIB
loading...
Gerindra Usung Maesyal...
Diusungnya Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah sebagai kandidat Pilbup Tangerang 2024 oleh Partai Gerindra mengancam eks Wakil Bupati Tangerang sekaligus politikus Partai Golkar Mad Romli, untuk berkompetisi. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Diusungnya Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah sebagai kandidat Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang 2024 oleh Partai Gerindra mengancam eks Wakil Bupati Tangerang sekaligus politikus Partai Golkar Mad Romli, untuk berkompetisi. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya.

Pertama, menurut Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul, partai-partai lain berpeluang mengikuti jejak Gerindra untuk mengusung Maesyal Rasyid atau biasa disapa Rudi Maesyal. Karenanya, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang ini berpeluang besar maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Kalau itu tidak berubah, perahu atau tiket Pilbup (Tangerang) bagi Rudi Maesyal dan Intan sudah aman sekaligus dukungan partai-partai besar ini kalau dikonversi menjadi sebuah gerakan politik, saya kira, sangat-sangat menguntungkan Rudi Maesyal. Itu (alasan) yang pertama," katanya, Kamis (11/7/2024).



Kedua, ungkap Adib, popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas atau penerimaan figur Rudi Maesyal di publik sangat tinggi. "Ini kalau linear dikaitkan dengan dukungan nomor 1 tadi, Gerindra Cs ini sangat menambah kekuatan politik yang besar. Jadi, kalau partai-partai lain belum vulgar/implisit menyatakan dukungan, saya kira, tinggal tunggu waktu sebenarnya," sambungnya.

Ketiga, Maesyal Rasyid dijagokan mantan Bupati Tangerang sekaligus tokoh Golkar Ahmed Zaki Iskandar. Menurut Adib, Zaki memiliki pengaruh besar di internal Golkar sehingga membuat peluang Mad Romli mendapatkan rekomendasi dari partainya kian kecil.



"Berpeluang besar rekomendasi Golkar turun ke dia (Maesyal Rasyid) karena dia, kan, ada figur Zaki (di belakangnya), seorang king maker Golkar, yang saya kira disegani di DPP Golkar. Makanya, berpeluang besar Mad Romli malah tidak mendapatkan perahu kalau Golkar sampai merekomendasikan Rudi Maesyal," tambah Adib.

Diketahui, Partai Gerindra mengusung Moch. Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah sebagai pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Tangerang pada Pilkada 2024. Ini berdasarkan rekomendasi yang diterbitkan dan diserahkan pada akhir Juni silam.

Maesyal Rasyid pun memutuskan untuk mundur dari jabatannya dan mengajukan pensiun dini sebagai ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang. Di sisi lain, Ahmed Zaki Iskandar secara terbuka telah mengumumkan dukungannya kepada Maesyal Rasyid untuk maju sebagai bupati Tangerang 2024-2029
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)