Libur Iduladha Usai, Puluhan Ribu Kendaraan Padati Ruas Tol Jagorawi

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:20 WIB
loading...
Libur Iduladha Usai, Puluhan Ribu Kendaraan Padati Ruas Tol Jagorawi
Berdasarkan data Jasamarga Metropolitan Tollroad, puluhan ribu kendaraan telah memadati Ruas Tol Jagorawi dengan berakhirnya cuti bersama Iduladha. Foto/Jasamarga
A A A
JAKARTA - Hari libur nasional dan cuti bersama Iduladha telah selesai. Sebagian besar masyarakat Indonesia baik instansi negeri maupun swasta akan kembali masuk kerja seperti biasanya pada Rabu 19 Juni 2024 besok.

Berdasarkan data Jasamarga Metropolitan Tollroad, puluhan ribu kendaraan telah memadati Ruas Tol Jagorawi. Tercatat GT Ciawi 2 atau dari arah Puncak, Cianjur, Sukabumi dan sekitarnya menuju Jabodetabek ada 39.567 kendaraan yang melintas.



Dibanding dengan hari-hari normal, terjadi peningkatan trafik lalu lintas sebesar 27,73%. Lalu lintas terpantau mulai meningkat dikarenakan hari ini merupakan hari terakhir libur Iduladha sebelum aktivitas masyarakat kembali normal.

Peningkatan lalu lintas arus balik tergambar dari dua gerbang tol yaitu:

GT Pasteur Ruas Tol Padaluenyi
JMT melalui Representative Office 3 mencatat peningkatan lalu lintas yang melintasi GT Pasteur, khususnya lalu lintas yang meninggalkan Kota Bandung atau arah Jakarta. Tercatat sebanyak 30.509 kendaraan melintas, jumlah ini meningkat 5,43% dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 28.938.

GT Cikunir 6 Ruas Tol JORR E
JMT melalui Representative Office 1 juga mencatat peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan pada GT Cikunir 6 di Ruas Tol JORR E. Lalu lintas ini merupakan lanjutan dari Ruas Tol MBZ arah Jakarta. Tercatat sebanyak 15.872 kendaraan melintasi GT Cikunir 6, meningkat 83,60% dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 8.645 kendaraan.

JMT memprediksi peningkatan volume lalu lintas masih terjadi hari ini, Selasa (18/6/2024) yang juga diprediksi akan menjadi puncak arus balik pada libur panjang Iduladha 1445 H.

Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi waktu keberangkatan dan mempersiapkan diri, kendaraan dan perbekalan sebelum memasuki jalan tol.



Selain itu juga diimbau untuk hanya menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)
pixels