Libur Panjang Tahun Baru Islam dan Akhir Pekan, Jalur Puncak Padat

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 13:53 WIB
loading...
Libur Panjang Tahun Baru Islam dan Akhir Pekan, Jalur Puncak Padat
Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan tahun baru Islam banyak dimanfaatkan warga Jabodetabek untuk berlibur ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/08/2020). SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Libur panjang akhir pekan yang bertepatan dengan tahun baru Islam banyak dimanfaatkan warga Jabodetabek untuk berlibur ke kawasan Puncak , Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/08/2020). Akibatnya arus lalu lintas di jalur Puncak, selepas gerbang tol Ciawi hingga Megamendung antrean kendaraan cukup panjang.

Untuk itu, sistem one way atau satu arah dari Jakarta ke Puncak diterapkan sejak awal sekitar pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian sekitar pukul 09.40 WIB hingga pukul 12.00 WIB arus lalu lintas di jalur Puncak kembali diberlakukan normal kedua arah. (Baca juga; Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Jalur Wisata )

Sekitar pukul 12.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB atau 18.00 WIB, Satuan Lalu Lintas Polres Bogor biasanya kembali menerapkan one way arah bawah atau dari Puncak ke Jakarta. "Kami prediksi puncaknya (kepadatan arus lalu lintas) besok Sabtu karena banyaknya kendaraan wisatawan yang akan ke arah Puncak Bogor dan arah sebaliknya," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda, Jumat (21/8/2020).

Agar tidak terjadi antrean panjang, pihaknya berjanji akan terus memberlakukan rekayasa lalu lintas one way secara bergantian. Meski demikian, pihaknya tak bisa memprediksi terkait durasi atau lamanya pemberlakuan one way, karena bersifat situasional atau tentatif.

"Yang jelas one way akan dihentikan atau berakhir apabila volume kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta atau sebaliknya berkurang. Berulang kali saya sampaikan one way ini sifatnya situasional, kita melihat volume kendaraan," ujarnya.

Melalui media sosial @TMC Polres Bogor, pihaknya memprediksi ribuan kendaraan wisatawan bakal menyerbu kawasan Puncak selama libur panjang tahun baru islam dan akhir pekan ini. (Baca juga; Libur Tahun Baru Islam, Penumpang di Terminal Pulogebang Naik 1.121 Orang )

"Hari Kamis dan Jumat (20-21 Agustus 2020 adalah Puncak wisatawan yang hendak berlibur ke jalur Puncak dalam rangka libur panjang, kemudian Sabtu (22 Agustus 2020), titik krodit Puncak diprediksikan pertemuan antara wistawan yang akan ke jalur Puncak dan wisatawan yang akan menuju arah Jakarta," tuturnya.

Kemudian di hari Minggu (23/08/2020), puncak arus balik wisatawan dari jalur Puncak menuju Jakarta bakal terjadi. Maka dari itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang mengalami pemendingan atau terjebak sistem one way untuk bersabar.

"Kami minta tetap bersabar, tetap tertib berlalu lintas, hindari pelambungan yang akan berdampak penghambatan arus lalu lintas. Apabila tidak mau bersabar kami himbau untuk mengurungkan niat anda untuk berwisata ke Puncak," imbaunya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)