Salat Iduladha di Masjid Agung Al-Azhar Jakarta, Khatib Sampaikan Keistimewaan 2 Nabi

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:30 WIB
loading...
Salat Iduladha di Masjid Agung Al-Azhar Jakarta, Khatib Sampaikan Keistimewaan 2 Nabi
Masjid Agung Al-Azhar Jakarta menggelar salat Iduladha 2024 pada Minggu (16/6/2024) pagi. Foto/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Masjid Agung Al-Azhar Jakarta menggelar salat Iduladha 2024 pada Minggu (16/6/2024) pagi. Ribuan jemaah beribadah secara khusyuk.

Dalam ceramahnya, Khatib Salat Iduladha Masjid Agung Al-Azhar Jakarta KH Abu Hurairah menyampaikan tentang keistimewaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW.

"Ada dua tokoh penting yang setiap hari selalu kita sebut dalam ibadah salat karena keteladanannya. Karena keagungan dan kemuliaan kedudukannya di sisi Allah SWT, dua tokoh itu adalah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS," ujar KH Abu Hurairah.



Dia mengatakan, kedua nabi Allah SWT tersebut selalu disebutkan dalam rangkaian bacaan selawat. Nabi Ibrahim AS dikenal sebagai Abul Anbiya atau Bapak Para Nabi lantaran Allah SWT telah memilih banyak keturunannya sebagai nabi-nabi.

Kedua tokoh tersebut, tambahnya, disebutkan oleh Allah SWT sebagai contoh teladan bagi umat manusia. Maka itu, dia pun meminta pada para jemaah Masjid Agung Al-Azhar untuk mengabarkannya kepada semua sahabat-sahabatnya, tetangganya, hingga orang yang dikenalnya usai melaksanakan salat Iduladha 2024 ini.

"Sedangkan Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai Sayyidul Anbiya Mursalim, yaitu penghulu para nabi dan rasul. Allah telah mengistimewakan dua nabi ini dan keduanya disebut oleh Allah SWT, Uswatun Hasanah, contoh teladan bagi umat manusia," katanya.

Adapun salat Iduladha 2024 di Masjid Agung Al-Azhar tampak diikuti oleh 10 ribu lebih jemaah. Mereka pun melaksanakan salat secara khusyuk. Salat dipimpin oleh Imam Ustaz Mukhtar Ibnu.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)
pixels