alexametrics

Operasional Bus Transjakarta Berkurang saat Hari Pencoblosan

loading...
Operasional Bus Transjakarta Berkurang saat Hari Pencoblosan
Salah satu bus Transjakarta melintas di jalur layang Ibu Kota.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengurangi operasional armadanya pada hari libur nasional yang bertepatan dnegan pencoblosan Pemilu Serentak pada Rabu (17/4/2019). Dari sebanyak 2.400 unit armada yang ada, Transjakarta hanya mengoperasikan 1.400 unit.

Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph mengatakan, pada hari pencoblosan yang ditetapkan sebagai hari libur nasional, pihaknya tetap mengoperasikan bus Transjakarta secara normal. Namun, untuk operasional bus mengalami pengurangan.

"Sebab berdasarkan pengalaman sebelumnya pada Pilpres 2014 dan Pilkada 2017, ternyata jumlah pelanggan sekitar 55-60% dari hari kerja. Jadi jumlah bus akan disediakan sesuai dengan jumlah penumpang. Jadi bus yang akan kami siapkan 1.400 bus," kata Joseph pada Selasa (16/4/2019).



Josep memprediksi sejumlah ruas jalan di Ibu Kota akan lengang, karena masyarakat akan menggunakan hak suaranya. Sehingga dengan jumlah bus yang sediakan tidak akan mengganggu aktivitas pelanggan. Warga pun diminta tidak khawatir dengan jumlah bus yang sudah memadai itu.

Bagi karyawan Transjakarta yang bertugas pagi hari, lanjut Joseph, pihaknya memberikan keringan waktu hingga pukul 10.00 WIB. Selanjutnya pelayanan menjadi tanggung jawab karyawan untuk sesi siang.

Penyesuaian ini juga untuk mengatur operasional bus Transjakarta dalam melayani masyarakat untuk aktivitas di Hari Libur Nasional yang ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum. "Tidak ada perubahan rute," ungkapnya.

Berbeda dengan bus Transjakarta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) justru akan mengoperasikan 11 kereta tambahan pada masa libur Nasional pencoblosan itu. Apalagi, libur Nasional itu berdekatan dengan Hari Peringatan Wafat Isa Almasih pada Jumat (19/4/2019) Yang menambah libur akhir pekan minggu ini menjadi lebih panjang dari biasanya.

Momen tersebut diperkirakan Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunissa bakal dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke luar kota. Sehingga pihaknya mengantisipasi trend kenaikan jumlah penumpang, terutama di saat long weekend diantisipasi PT KAI Daop 1 Jakarta dengan mengoperasikan 11 KA Tambahan.

"Ada 5.512 tempat duduk maksimal per harinya yang ditambahkan untuk melayani para pengguna jasa KA. Dari 11 KA Tambahan yang dioperasikan tersebut, delapan KA diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dan tiga KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo," kata Eva dalam siaran tertulisnya.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak