Program Penanganan Banjir, DKI Keruk Lumpur di Kali Mampang

Jum'at, 08 Maret 2019 - 15:05 WIB
Program Penanganan Banjir, DKI Keruk Lumpur di Kali Mampang
Program Penanganan Banjir, DKI Keruk Lumpur di Kali Mampang
A A A
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta melakukan pengerukan terhadap Kali Mampang di Kelurahan Kuningan Barat, Mampang prapatan, Jakarta Selatan. Selain lumpurnya dikeruk, rencananya akan dibangun juga kolam retensi dan pintu air untuk mengendalikan luapan air.

Sebanyak tiga unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk ribuan meter kubik endapan lumpur sepanjang 300 meter di kali tersebut yang direncanakan berlangsung selama satu bulan penuh.

Lurah Kuningan Barat, Erwin Lobo, mengatakan, program pengerukan ini sudah dikerjakan mulai lima maret kemarin dan ditargertkan selesai sebulan ke depan.

Erwin Lobo mengatakan, pengerukan sungai dikombinasikan dengan program pembuatan kolam retensi dan pemasangan pintu air sehingga penanganan banjir bisa dilakukan secara holistik. (Baca Juga: Normalisasi Kali Belum Jalan, Jakbar Rawan Tergenang Banjir)

"Jadi program pengerukan ini menjadi salah satu bagian dari sejumlah program penanganan banjir yang kami lakukan hasil kolaborasi masyarakat, kelurahan dan jajaran dinas sumber daya air," ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/3/2019).

Sementara, warga Kelurahan Kuningan Barat menyambut antusias program pengerukan ini. "Warga sudah bertahun-tahun merindukan adanya pengerukan Kali Mampang. Alhamdulillah sudah terwujud sekarang," ujar Samidi, ketua RT 006/05.

Sebelumnya, jika terjadi hujan yang cukup deras, sejumlah rumah warga di RW 04 dan RW 05 mengalami banjir akibat luapan sungai itu. "Udah lama kit mau kali itu dikeruk, tapi baru sekarang dikerjakan," tukasnya. Dia berharap setelah pengerukan ini wilayahnya tidak banjir lagi.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3606 seconds (0.1#10.140)