Normalisasi Kali Belum Jalan, Jakbar Rawan Tergenang Banjir

Senin, 03 Desember 2018 - 21:40 WIB
Normalisasi Kali Belum Jalan, Jakbar Rawan Tergenang Banjir
Normalisasi Kali Belum Jalan, Jakbar Rawan Tergenang Banjir
A A A
JAKARTA - Belum berjalannya normalisasi sejumlah kali di Jakarta Barat membuat genangan air mudah memenuhi jalanan di wilayah itu. Selain menyebabkan kemacetan, genangan juga mengganggu aktivitas warga.

Di sisi lain, program ini terkendala kebijakan pemerintah pusat. Pemprov DKI tak bisa berbuat banyak lantaran pembenahan baru dilakukan di hulu sungai, sementara genangan yang terjadi umumnya di hilir sungai atau wilayah Jakarta Barat.

Kasudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Imron Syahrir tak menampik dengan genangan di kawasannya itu. Menurut dia penyebab genangan lantaran normalisasi yang belum dilakukan. Ia mencatat sedikitnya ada tiga kali yang belum dikerjakan, yakni Kali Sekretaris, Kali Pesanggrahan, dan Kali Grogol.

“Imbasnya air di kali jadi meluap dan menyebabkan genangan di lokasi,” kata Imron ketika disinggung mengenai lokasi banjir, Senin (3/12/2018).

Terhadap normalisasi itu, Imron mengatakan masih menunggu aksi dari Kementerian PUPR melalui Badan Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BWSCC). Saat ini pengerjaan masuk normalisasi BWSCC masih tahap perbaikan hulu atau aliran kali Pesanggarahan wilayah Jakarta Selatan.

Sementara untuk wilayah Jakarta Barat, Imron menyakini perbaikan baru akan dilakukan tahun depan. “Kalau dari schedule mereka kemungkinan tahun depan,” kata Imron.

Di Jakarta Barat, lanjut dia, normalisasi masih sebatas mengeruk kali yang alami pendangkalan. Sementara untuk memasang seatpile atau minipile, pembangunan baru dilakukan dibeberapa titik tertentu, salah satunya di kawasan Palmerah yang masuk aliran kali Grogol.

Sedangkan untuk Kali Pesanggarahan, masih ada beberapa titik yang belum dipasang seatpile, salah satunya di kawasan Kedoya. “Di sana ada lahan warga yang belum dibebaskan,” ucapnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)