alexametrics

Remaja Perusak Motor Sendiri Diduga Alami Gangguan Mental Menyeramkan

loading...
Remaja Perusak Motor Sendiri Diduga Alami Gangguan Mental Menyeramkan
Potongan video aksi Adi Saputra saat merusak sepeda motornya dan membakar STNK. Foto: Ist
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Pengendara motor bernama Adi Saputra (21) yang mengamuk lantaran tak terima ditilang, diduga mengalami gangguan mental. Perlu ada pemeriksaan kejiwaan terhadap pemuda yang melakukan perusakan pada sepeda motornya sendiri itu.

Psikologi Forensik dari Universitas Pancasila, Reza Indragiri Amriel, menyebut aksi pengendara menolak ditilang polisi merupakan sebuah fenomena menarik. "Kejadian ini bukan hanya pelanggaran undang-undang lalu lintas. Di depan petugas saja berani, apalagi dengan sesama pengguna jalan. Jangan-jangan pengidap intermittent explosive disorder," ujar Reza.

Reza menjelaskan, intermittent explosive disorder merupakan suatu penyakit mental yang menyeramkan. Tidak ada angin tidak ada hujan, penderita intermittent explosive disorder suka marah secara tiba-tiba.



"Bahkan penderitanya kerap melampiaskan marah sampai dengan cara merusak barang di sekitarnya. Untuk itu, SIM pelanggar itu perlu dibekukan sementara waktu, sampai ada pemeriksaan dari psikolog," paparnya.

Diketaui, Adi Saputra mengamuk dan merusak sepeda motornya saat anggota Satlantas Polres Tangsel Bripka Oky dan Bripka Made Andry sedang mengatur lalu lintas di pasar modern BSD, Kamis (7/2/2019) pagi. (Baca: Tak Terima Ditilang, Pengendara Rusak Motor di Hadapan Polisi)

Aksi remaja tanggung yang sempat direkam video oleh petugas itu langsung tersebar luas disejumlah media sosial dan viral. Berbagai komentar dari netizen pun ramai. Ada yang mencibir, hingga memuji petugas.

Ternyata tak cukup disitu, Adi kembali berbuat ulah. Setelah ditilang polisi, Adi disuruh pulang ke rumah untuk mengambil SNTK sepeda motornya. (Baca juga: Motor yang Dirusak Pelanggar Lalu Lintas di Tangsel Diduga Bodong)

Namun setibanya di rumah, dia malah membakar STNK sepeda motornya itu dan memvideokan aksinya tersebut serta menyebarkannya ke media sosial.

Hingga kini, belum diketahui apa motivasi pemuda tanggung asal Lampung tersebut membakar STNK dan menyebarkannya. (Baca juga: Tak Hanya Rusak Motor, Remaja yang Viral di Medsos juga Bakar STNK)

"Nih yang tadi nanyain STNK, nih STNK-nya. Enggak cuman motornya saja yang gw hancurin, tetapi STNK-nya gw bakar," kata Adi dalam video berdurasi singkat tersebut sambil merokok, Kamis (7/2/2019).
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak