Siapkan Roadmap, REI Komitmen Dukung Penuntasan Masalah Perumahan

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:06 WIB
loading...
Siapkan Roadmap, REI Komitmen Dukung Penuntasan Masalah Perumahan
Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menegaskan komitmennya membantu perjuangan perjuangan masyarakat terkait perumahan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto.

Menurutnya, permasalahan di sektor perumahan sangat kompleks dan selama ini diakui kurang ditangani dengan baik.

Hal itu sudah disampaikan REI berulang kali baik melalui berbagai forum maupun media massa, sehingga isu tersebut mendapat tanggapan terutama dari presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang diimplementasikan lewat Program Pembangunan 3 Juta Rumah per tahun.

"Tidak sampai di situ, REI juga saat ini tengah menunggu jadwal untuk bertemu presiden dan wakil presiden terpilih untuk menyampaikan peta jalan (roadmap) sektor perumahan dan propertinomic yang sudah kami siapkan," kata Joko Suranto dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).



Pengusaha yang juga merupakan bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran ini menambahkan, dirinya sudah melakukan banyak hal untuk mendorong sektor perumahan diurus secara tepat.

"Di antaranya dengan paradigma propertinomic yang berlandaskan pada empat pilar yakni penguatan institusi atau kelembagaan yang mengurusi perumahan, fokus pada kebijakan dan keberpihakan, mengoptimalkan anggaran perumahan, serta mendorong sektor perumahan menjadi program strategis nasional (PSN)," tuturnya.

Selain itu kata Jokowi, pihaknya juga terus mengajak banyak pihak untuk berdialog maupun membuka ruang-ruang diskursus terkait sektor perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan mendorong pentingnya properti menjadi garda terdepan bagi pencapaian net zero emission melalui program penanaman 1 juta pohon di seluruh proyek perumahan anggota REI.

"Roadmap yang kami siapkan secara spesifik akan menjelaskan bagaimana sektor perumahan ini harus ditanggani baik skema pembiayaan maupun pola kemitraan yang dapat dikembangkan. REI sejak awal juga menjadi salah satu inisiator yang mendorong dibentuknya Kementerian Perumahan dan Perkotaan pada kabinet mendatang," ungkap CEO Buana Kassiti Group yang hampir dua dekade terakhir telah menekuni seluk-beluk pembangunan perumahan kelas menengah dan rumah bersubsidi tersebut.

Saat ini, REI sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk melakukan penelitian mengenai seberapa besar sebenarnya kontribusi sektor properti terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Joko, sektor perumahan yang merupakan bagian dari sektor properti bersifat padat karya sehingga terbukti efektif menjadi backbone perekonomian yang menggerakkan lebih dari 180 industri ikutan lainnya.

"Kalau sektor properti ini bisa berlari kencang, maka banyak industri lainnya yang ikutan bergerak dari produk bahan bangunan, material konstruksi, perabot dan kerajinan hingga pedagang makanan di sekitar lokasi pembangunan properti," tutup alumnus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tersebut.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)