alexametrics

Libur Natal dan Tahun Baru, Pemkab Bekasi Siagakan 13 Posko Kesehatan

loading...
Libur Natal dan Tahun Baru, Pemkab Bekasi Siagakan 13 Posko Kesehatan
Pemkab menyiagakan 13 posko kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiagakan 13 posko kesehatan selama libur Natal dan Tahun Baru 2019. Sebanyak empat posko berada di jalur Tol Jakarta-Cikampek dan sisanya di jalur arteri mulai batas kota hingga Kabupaten Karawang.

Adapun posko itu berada di Pasar Tambun, Bussiness Park Tambun Selatan, dan pertigaan Perdana Cibitung. Kemudian pos pengamanan Kalijaya Cikarang Barat, Terminal Cikarang, Sentra Grosir Cikarang (SGC), Pasar Lemahabang, sebelah PT Indo Beras Unggul (IBU), dan pos Kedungwaringin.

"Sementara empat posko lainnya berada di dalam tol Jakarta-Cikampek," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, Kamis (20/12/2018).



Eni menyebutkan, di dalam posko tersedia sejumlah fasilitas kesehatan yang cukup memadai, mulai dari obat-obatan, alat tes kesehatan, hingga tempat istirahat. Semua itu diberikan secara cuma-cuma. "Kami siagakan ratusan petugas kesehatan yang bersiaga secara bergantian," tandasnya.

Pendirian posko kesehatan ini merupakan bagian kesiapsiagaan pemerintah untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru. "Tujuan posko ini untuk memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan gawat darurat," ucapnya.

Umumnya titik posko kesehatan tersebut masih sama seperti saat mudik Lebaran 2018 lalu. Rencananya, posko kesehatan dioperasikan mulai H-1 hingga H+10 Natal dan dibuka 24 jam dengan perawat dan dokter jaga di setiap posko.

Pemkab Bekasi juga mengerahkan puluhan unit ambulance. Armada itu disiapsiagakan untuk membantu saat terjadi insiden selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bekasi Wawan Hernawan menambahkan, dalam menjalankan kegiatan ini, pihaknya dibantu oleh Polres Metro Bekasi, Dinas Perhubungan, serta unsur masyarakat terkait.

"Kami selalu koordinasi dengan mereka, untuk penambahan titik baru," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak