Pengamat Transportasi: ETLE Bantu Polisi Tegakkan Aturan Lalu Lintas

Senin, 26 November 2018 - 08:21 WIB
Pengamat Transportasi: ETLE Bantu Polisi Tegakkan Aturan Lalu Lintas
Pengamat Transportasi: ETLE Bantu Polisi Tegakkan Aturan Lalu Lintas
A A A
JAKARTA - Pengamat Transportasi dari Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA), Azas Tigor Nainggolan mengatakan peluncuran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada Minggu 25 November 2018 menjadi sejarah baru dalam upaya kepolisian Indonesia dalam mengembangkan inovasi penegakan hukum lalu lintas.

Kepolisian Indonesia khususnya Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya melaunching atau meluncurkan inovasi sistem penegakan hukum atau peraturan lalu lintas secara elektronik yang biasa disebut sebagai ETLE.

"Sistem penegakan elektronik ini menggunakan perkembangan teknologi dalam pengawasan dan penegakan hukum di lapangan. Posisi alat dari teknologi ETLE ini sangat membantu pihak kepolisian dalam melakukan penegakan hukum lalu lintas," ujar Tigor kepada SINDOnews, Senin (26/11/2018).

Menggunakan alat ETLE ini, lanjut Tigor, pihak kepolisian tidak lagi memerlukan jumlah personel yang banyak untuk ditempatkan di jalan-jalan raya dalam melakukan pengawasan serta penegakan aturan lalu lintas.

Pengembangan teknologi bisa digunakan sebagai alat atau sarana membantu penegakan hukum atau peraturan lalu lintas dalam praktik di lapangan. "Termasuk juga untuk penegakan peraturan lalu lintas di kota-kota seperti Jakarta dan sekitarnya," lanjutnya.

Pengawasan dan penegakan berbasis teknologi seperti sistem elektronik dalam ETLE bisa merubah perilaku masyarakat dalam berlalu lintas. "Secara teknis penggunaan pengembangan teknologi membuat kinerja kepolisian lebih efektif, akuntabel, profesional dan modern dalam melayani masyarakat," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Dirlantas Polda Metro Jaya meluncurkan program ETLE di Bundaran HI pada Minggu 25 November kemarin. Dalam kesempatan itu turut dihadiri oleh Wakapolri, Menpan RB dan Gubernur DKI Jakarta.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6721 seconds (0.1#10.140)