Sudin Gulkarmat Jaktim: Pemadaman dan Pendinginan Gudang Amunisi Kodam Jaya Selesai

Minggu, 31 Maret 2024 - 11:14 WIB
loading...
Sudin Gulkarmat Jaktim: Pemadaman dan Pendinginan Gudang Amunisi Kodam Jaya Selesai
Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman menyebut proses pemadaman dan pendinginan gudang amunisi kodam jaya yang meledak dan terbakar telah selesai. Foto/MPI/jonathan simanjuntak
A A A
JAKARTA - Kebakaran disertai berbagai ledakan terjadi di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Sabtu, 30 Maret 2024. Upaya pemadaman dan pendingan dinyatakan selesai pada Minggu (31/3/2024) pagi.

“Proses pendinginan kita selesaikan tadi sekitar pukul 08.15 WIB ya, kita nyatakan selesai. Titik api yang dari semalaman masih di angka 85 derajat alhamdulillah sudah kita turunkan sampai titik aman,” kata Kasie Operasi Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur Gatot Sulaeman, Minggu (31/3/2024).

Gatot menjelaskan operasi pemadaman saat kejadian dimulai sekitar pukul 22.00 WIB ketika ledakan sudah mulai hilang. Untuk memadamkan api, pihaknya juga mengerahkan robot pemadam kebakaran.



“Fungsinya tadi selama kami selaku petugas pemadam kebakaran masuk ke dalam area yang terbakar maupun terjadi ledakan jadi unit LUV dan unit DOK masuk ke dalam sebagai pendobrak awal, dipergunakan pakai remote control,” ungkapnya.

Menyusul selesainya operasi pendinginan, anggota Damkar pun ditarik kembali dari tugas. Gatot mengaku tidak akan ada lagi pengerahan petugas. “Insyaallah kita semua balik ke pangkalan,” tutupnya.



Sebelumnya, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan memastikan kebakaran di Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Paldam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, sudah padam sejak pukul 03.45 WIB pagi tadi.

"Tadi kita sudah melakukan langkah penanganan untuk pemadaman titik api dari gudang nomor 6 Gudmurah Kodam Jaya. Pukul 03.45 WIB tadi, dapat kita pastikan titik api sudah dipadamkan," kata Hasan, Minggu (31/3/2024) pagi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)