RPA Perindo Dampingi Warga Jakbar yang Dilaporkan Oknum Mafia Tanah ke Polisi

Kamis, 29 Februari 2024 - 19:28 WIB
loading...
RPA Perindo Dampingi Warga Jakbar yang Dilaporkan Oknum Mafia Tanah ke Polisi
RPA Partai Perindo mendampingi warga Kembangan, Jakarta Barat yang diduga menjadi korban mafia tanah ke Polres Metro Jakarta Barat. Foto: iNews Media/Ismet Humaedi
A A A
JAKARTA - Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Perindo mendampingi warga Jakarta Barat yang diduga menjadi korban mafia tanah ke Polres Metro Jakarta Barat. Sejumlah warga dilaporkan ke pihak kepoilisian oleh oknum mafia tanah.

Tanah yang dipermasalahkan merupakan fasilitas umum yakni Taman BTN di Komplek BTN, Kembangan, Jakarta Barat. RPA Perindo mendampingi warga untuk mempertanyakan pelaporan tersebut.



“Taman bermain anak itu sudah ada 20 tahun di tempat itu tiba-tiba diklaim sepihak bahwa punya mereka dan kami tadi mempertanyakan hal ini kepada bagian penyidik di mana kasus ini sedang berjalan,” ujar Ketua RPA Perindo Jeannie Latumahina di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (29/2/2024).

Menurut dia, oknum mafia tanah tersebut langsung melapor ke Polres Metro Jakarta Barat. Karena itu, RPA Perindo dan warga bertemu dengan penyidik untuk bertanya tentang dasar pelaporan tersebut.

“Tiba-tiba diklaim oleh mereka tanpa dasar hukum yang jelas tentang kepemilikan tanah. Kalau tidak ada dasar hukum yang jelas kenapa Polres Metro Jakarta Barat mengangkat masalah ini ke ranah hukum padahal di situ kan jelas-jelas punya Pemda. Tanah itu taman punya Pemprov DKI,” ungkapnya.

RPA Perindo yang fokus peduli dengan perempuan dan anak menilai taman adalah media ramah anak, tempat bermain anak-anak. Jeannie menyebutkan hal itu sesuai konsep pemerintah tentang taman sebagai ruang terbuka fasilitas umum untuk warga setempat.

“Jadi yang kami pertanyakan kepada mereka (polisi) kenapa sampai kasus ini dinaikkan bahwa seakan-akan masyarakat dipersalahkan. Melawan dalam tanda kutip mafia tanah ketika masyarakat melawan bahwa itu bukan punya dia, tapi itu punya semua anak yang ada di situ tempat bermain mereka,” kata Jeannie.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)