Demo Dekat Istana Bubar, Mahasiswa: Ini Bukan Aksi Terakhir Kita

Rabu, 07 Februari 2024 - 21:24 WIB
loading...
Demo Dekat Istana Bubar, Mahasiswa: Ini Bukan Aksi Terakhir Kita
Ratusan mahasiswa yang berdemo di dekat Istana Negara, Jakarta Pusat akhirnya membubarkan diri. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ratusan mahasiswa yang berdemo di dekat Istana Negara, Jakarta Pusat akhirnya membubarkan diri. Sebelumnya, mereka memulai aksinya dengan longmarch dari Tugu 12 Mei Trisakti, Grogol, Jakarta Barat, hingga berakhir di Harmoni, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantuan MNC Portal Indonesia, massa yang terdiri dari gabungan beberapa universitas tersebut berangsur membubarkan diri sejak pukul 19.00 WIB, Rabu (7/2/2024). Kelompok mahasiswa tersebut membubarkan diri dengan tertib dan kondusif.

"Hari ini adalah pembuktian bahwa negara sedang tidak tidak baik-baik saja. Dan ini bukan aksi terakhir kita,: ujar salah seorang orator dari mobil komando dengan pengeras suara.

Aksi demo ini juga diwarnai dengan pembakaran spanduk-spanduk caleg Pemilu yang mereka temui sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, aksi ini juga dilengkapi dengan pembakaran ban.

Dari pantauan tim MNC pukul 20.00 WIB juga terlihat kepolisian ikut mengamankan proses bubarnya massa. Kondisi lalu lintas juga berangsur kembali normal, seperti Jalan Majapahit menuju arah Monas yang sebelumnya ditutup menggunakan pagar beton juga mulai dibuka. Simpang Harmoni yang sebelumnya padat juga mulai kembali lancar.

Sejak berkumpul di Tugu 12 Mei Trisakti, massa sudah mendengungkan empat isu tuntutan, terutama pemakzulan atau turunkan Joko Widodo dari jabatan presiden.

Selain itu, ada 10 isu penting lainnya yang disuarakan, yakni pemilu curang, korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), konflik agraria, monopoli sumber daya alam, kerusakan lingkungan, pendidikan dan kesehatan mahal, kebebasan sipil, keadilan ekonomi, dan gender, kekerasan aparat, serta produk hukum.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)