Bangun Sky Bridge Stasiun Tanah Abang-Blok G, DKI Butuh Rp50 Miliar

Kamis, 10 Mei 2018 - 20:33 WIB
Bangun Sky Bridge Stasiun Tanah Abang-Blok G, DKI Butuh Rp50 Miliar
Bangun Sky Bridge Stasiun Tanah Abang-Blok G, DKI Butuh Rp50 Miliar
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun sky bridge atau jembatan penghubung antara Stasiun Tanah Abang dengan Pasar Blok G. Pembangunan sky bridge ini akan menjawab polemik penutupan Jalan Jati Baru Raya yang kini dijadikan lokasi penampungan pedagang kaki lima (PKL).

Untuk menata kawasan Tanah Abang tahap II tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan dana dari APBD-Perubahan 2018. Tidak sedikit biaya yang diperlukan untuk membangun sky bridge tersebut.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko, pembangunan sky bridge yang merupakan program lanjutan dari penataan kawasan Tanah Abang tahap I sedikitnya membutuhkan biaya Rp50 miliar.

Estimasi biaya itu telah disepakati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Direksi PD Pasar Jaya dan PD Sarana Jaya sebagai leading sektor penataan kawasan Tanah Abang.

"Pembahasan anggaran (APBD) perubahan sudah mulai. Tapikan berangkat ke legislatif dulu setelah laporan hasil pemeriksaan tahunan BPK diselesaikan. Estimasinya Juli sudah selesai," ujar Sigit saat dihubungi, Kamis (10/5/2018).

Menurut Sigit, selama pembangunan sky bridge berjalan, pedagang akan direlokasi terlebih dahulu di lahan kosong sekitar Jalan Jati Baru. Nantinya, ketika sky bridge selesai dibangun maka PKL yang kini berada di Jalan Jati Baru Rata akan ditempatkan di Pasar Blok G.

"Sky bridge disepakati harus rampung dalam dua bulan setelah APBD-P disahkan atau sekitar bulan Oktober," kata Sigit.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory Pinontoan, sebelumnya mengatakan elum dapat memastikan waktu groundbreaking sky bridge dan revitalisasi gedung Blok G.

Adapun gambaran kasar konsep revitalisasi Pasar Blok G, nantinya akan terpadu dengan rumah susun dan moda transportasi stasiun kereta api ataupun light rail transit (LRT) dan bus rapid transit (BRT). Sedangkan untuk sky bridge nantinya menghubungkan Stasiun Tanah Abang dengan Pasar Blok G.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5124 seconds (0.1#10.140)