Ini Rentetan Kecelakaan Kerja Proyek Infrastruktur di Jakarta

Selasa, 20 Februari 2018 - 13:56 WIB
Ini Rentetan Kecelakaan Kerja Proyek Infrastruktur di Jakarta
Ini Rentetan Kecelakaan Kerja Proyek Infrastruktur di Jakarta
A A A
JAKARTA - Sejumlah proyek infrastruktur yang berada di Jakarta mengalami sejumlah kecelakaan kerja. Ombudsman RI menduga ada maladministrasi yang dilakukan sehingga proyek infastruktur ini beberapa kali mengalami kecelakaan kerja.

1. Girder Proyek Tol Becakayu Roboh Timpa 5 Pekerja

Girder proyek tol Becakayu yang berada di Jalan DI Panjaitan, Kebon Nanas Jakarta timur roboh dan menimpa 5 pekerja dan menyebabkan satu orang kritis.

Mereka yang terluka dan dirawat di RS UKI yakni, Supri (47), Kirpan (37), Sarmin (46), Rusman (36), Joni Arisman (40) dan Agus (17). Sementara korban yang dirujuk ke RS Polri bernama Waldi (41) mengalami cedera berat di kepala. (Baca: Girder Tol Becakayu Roboh Saat Pekerja Melakukan Pengecoran )

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan kenapa girder tersebut bisa roboh. Dugaan awal, robohnya grider itu karena bracket timber kurang kuat menahan beban. (Baca: Proyek Infrastruktur Roboh, Ombudsman: Ada Potensi Maladministrasi )

2. Tembok Underpass Bandara Soetta Longsor Menimbun 2 Orang di Dalam Mobil

Peristiwa tragis ini terjadi pada Minggu 5 Februari 2018 di underpass Jalan perimeter Selatan Bandara Soekarno Hatta. Longsoran tanah itu menimbun mobil Honda Brio yang ditumpangi dua wanita, yakni Dianti Diah Ayu Cahyanti Putri dan Muthmainah. (Baca: Tembok Underpass Bandara Soetta Longsor, Mobil Brio Terkubur )

Perlu 12 jam bagi Tim SAR untuk mengevakuasi korban dari m,aterial longsor. Dalam peristiwa ini, Diah Ayu Cahyanti Putri meninggal dunia dalam perawatan rumah sakit.

Kendati sudah menurunkan tim Puslabfor dan memeriksa 6 orang, hingga kini polisi masih belum mengetahui penyabab longsor di Underpass Bandara Soetta itu.

3. Crane Double Double Track di Matraman Jakarta Timur Ambruk Tewaskan 4 Pekerja

Kecelakaan kerja terhadap proyek infrastruktur juga terjadi di pembangunan double-duble track (DDT) di Matraman, Jakarta Timur. Beton proyek DDT itu ambruk akibat crane penyangga beton roboh. (Baca: Kecelakaan Kerja Infrastruktur Secara Beruntun Mencoreng Dunia Konstruksi Indonesia )

Dalam peristiwa yang terjadi pada Minggu 4 Februari 2018 itu, 4 pekerja tewas mengenaskan dan 2 lainya terluka parah. (Baca: Korban Tewas Ambruknya Crane Double Double Track Jadi Empat Orang )

Setelah melakukan penyelidikan, polisi menetapkan seorang tersangka dalam peristiwa ini, yakni operator crane berinisial AN. Polisi sendiri memastikan kalau peristiwa itu akibat humman error.

4 Beton Girder Proyek LRT Pulo Gadung Roboh Melukai 5 Pekerja

Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jalan Kayu Raya, Pulo Gadung, Jakarta Timur, roboh pada Senin 22 Januari 2018. Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 00.20 WIB itu melukai 5 pekerja proyek. (Baca: Ini Kata Pakar Konstruksi terkait Ambruknya Konstruksi Beton LRT )

Lima korban luka akibat peristiwa tersebut, yakni Rois Julianto (27), Wahyudi (18), Abdul Mupit (30), Ahmad Kumaedi (22), dan Jamal. Kelima korban mengalami luka ringan akibat reruntuhan material lain.

5. Beton Girder Tol Desari Patah Tersenggol Bekho

Beton girder proyek jalan tol Depok-Antasari mengalami patah di seberang Gedung Alamanda Tower, Jakarta Selatan pada Selasa 2 Januari 2018. Diduga patahnya beton girder tol itu kaibat tersenggol bekho dan menimpa sebuah truk tanah. (Baca: Girder Proyek Tol Depok-Antasari Ambruk Diduga Tersenggol Bekho )

Setelah melakukan pemeriksaan di lokasi, polisi memastikan kalau kecelakaan kerja itu tidak ada unsur pidananya. Dengan kesimpulan itu polisi tidak akan melakukan penyelidikan dan mempersilahkan kontraktor untuk melanjutkan pekerjaannya.

6. Tiang Penyangga DDT Manggarai-Jatinegara Roboh

Tiang penyangga atau steger yang menahan pengecoran proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai- Jatinegara milik PT KAI di Jalan Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan roboh. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 9 Desember 2017 malam. (Baca: Tiang Penyangga Proyek DDT Manggarai-Jatinegara Roboh )

Kapolsek Tebet, Kompol Maulana menjelaskan, kejadian itu disebabkan karena saat pekerja sedang mencopot salah satu tiang, secara tiba-tiba beberapa besi steger roboh. Tidak ada korban luka dalam peristiwa ini.

7. Crane Pengangkut VMS Jalan Tol Cikampek Roboh

Peristiwa ini terjadi pada Kamis 16 November 2017 sekitar pukul 00.00 WIB. Saat itu proyek sedang mengerjakan pemindahan VMS di KM 15 jalan tol Jakarta-Cikampek Elevated. Beruntung, tidak ada korban yang tertimpa dalam peristiwa ini. (Baca: Jasa Marga Beberkan Kronologis Kecelakaan Crane Pengangkut VMS )

Namun akibat peristiwa itu, jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan parah karena crane VMS itu menutup seluruh lajur Tol Halim menuju Jatibening hingga Bekasi Barat.

8. Beton Parapet Proyek MRT Jatuh Timpa Pengendara Motor di Jalan Wijaya

Seorang pengendara sepeda motor tertimpa beton proyek Mass Rapid Transit (MRT) yang jatuh di Jalan Panglima Polem Raya yang bersimpangan dengan Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sekitar pukul 22.24 WIB, Jumat 3 November 2018.

Direktur Konstruksi PT MRT Silvia Halim menjelaskan, penyebab jatuhnya OCS parapet di Jalan Wijaya II, akibat kondisi pekerjaan Lifting Plan yang dibuat tidak spesifik untuk pekerjaan pemasangan parapet dari atas girder. (Baca: Ini Penyebab Beton MRT Jatuh di Jalan Wijaya )

Atas kejadian ini, PT MRT mengambil tindakan dengan memperbaiki lifting plan dan method statement tersebut, agar lebih detail dan spesifik, melakukan re-training untuk seluruh Operator, melakukan re-training mengenai lifting operation untuk seluruh pekerja.

9. Tiang Proyek LRT Timpa Rumah Warga di kelapa Gading

Tiang proyek konstruksi Light Rail Transit (LRT) menimpa dua rumah warga di Jalan Kelapa Nias Raya, Blok PA 3, No 02, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bagian konstruksi itu adalah penyambung untuk infranstruktur LRT koridor Kelapa Gading.

Diduga peristiwa itu terjadi karena adanya kesalahan teknis pengerjaan proyek. Tidak ada korban dalam peristiwa ini namun membuat penghuni dua rumah itu shock. (Baca: Tiang Proyek LRT Timpa Dua Rumah warga di Kelapa Gading )
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3816 seconds (0.1#10.140)