Jaga Kehandalan Pasokan Listrik, PLN UP3 Bekasi Gencarkan Gerebek Konstruksi

Minggu, 09 Agustus 2020 - 20:37 WIB
loading...
Jaga Kehandalan Pasokan Listrik, PLN UP3 Bekasi Gencarkan Gerebek Konstruksi
PLN UP3 Bekasi melakukan pemeliharaan jaringan guna menjaga kehandalan pasokan listrik ke pelanggan dengan gencar mengadakan GKONS (Gerebek Konstruksi).Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Di tengah situasi pandemi Covid -19, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi melakukan pemeliharaan jaringan guna menjaga kehandalan pasokan listrik ke pelanggan. Salah satu upaya yang dilakukan yakni gencar mengadakan GKONS (Gerebek Konstruksi) dua kali pada Selasa dan Kamis setiap minggunya.

Manajer PLN UP3 Bekasi, Ririn Rachmawardini menjelaskan, kegiatan Gerebek Konstruksi ini dilaksanakan agar meningkatkan keandalan peralatan dan jaringan listrik serta menjamin pasokan listrik lancar ke pelanggan. Dan, dalam mewujudkan keandalan sistem jaringan dan menjaga kontinyuitas penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan dibutuhkan upaya-upaya preventif dan pemeliharaan jaringan sehingga meminimalisir potensi padam akibat gangguan.

"Salah satu kegiatan pemeliharaan yang rutin kami lakukan yaitu GROWS dan GKONS (Grebek ROW & Grebek Konstruksi Serentak) merupakan kegiatan pemeliharaan jaringan listrik di wilayah PLN UP3 Bekasi yang sudah terjadwal dua kali dalam satu minggu," jelas Ririn pada Minggu (9/8/2020). (Baca: Cegah Kerumunan, Perlombaan saat Hari Kemerdekaan Dilakukan secara Online)

Ririn menuturkan, GKONS salah satu bentuk solusi dari kendala gangguan jaringan yang kerap terjadi akibat layangan dan ranting pohon. PLN UP3 Bekasi juga terus melakuan sosialisasi ke masyarakat terkait bahaya bermain layangan, selain itu pihaknya juga memasang umbul umbul dekat dengan jaringan listrik. Batas aman jaringan listrik adalah 3 meter.

"Kami melakukan ROW (Right Of Way) yakni, memastikan jarak aman jaringan listrik dari benda atau pohon dekat jaringan tetap terjaga. Tidak kalah penting kami melakukan perbaikan secara konstruksi dari komponen-komponen jaringan listrik yang terpasang," ujar Ririn.

Ririn melanjutkan, seperti yang telah dilakukan Minggu ini, kegiatan pemeliharaan dilakukan di penyulang Blossom yang berada di wilayah ULP Bantar Gebang dan penyulang Teguh di ULP Medan Satria. "Dengan durasi pemeliharaan maksimal 180 menit" kata dia. "Apa yag dilakukan ini agar pelanggan nyaman dalam menikmati listrik, karena listrik untuk kehidupan yang lebih Baik," tandas Ririn Rachmawardini.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)