alexametrics

Camat Penjaringan: Shelter untuk Warga Dibuat Semi Permanen

loading...
Camat Penjaringan: Shelter untuk Warga Dibuat Semi Permanen
Pekerja sedang membangun shelter bagi warga Kampung Akurium yang digusur. Foto/SINDOnews/Komaruddin Bagja
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan proses pembangunan shelter bagi warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Berdasarkan informasi yang didapat, satu unit shelter berukuran 3x7 meter persegi. Memiliki tinggi ruangan sekitar 3 meter. Material struktur dan rangka atap menggunakan baja ringan.

Dinding shelter dan pintu dari triplek. Untuk jendela menggunalan kaca nako. Atap berbahan baja ringan. Untuk lantai hanya berupa cor dan diplester.

"Kita buat ini semi permanen yang bagus dan nyaman buat warga," kata Camat Penjaringan Muhammad Andri di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Sabtu (13/1/2018).

Ada jarak antara shelter satu dengan unit lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi yang baik. Setiap shelter terdapat empat toilet dan satu Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

"Jarak antar bangunan itu yang tiga meter selain untuk sirkulasi juga untuk pengaman bencana kebakaran," lanjutnya.

Rencananya, shelter tersebut akan dibangun sebanyak 128 unit dengan rincian di Blok A 52 unit, Blok B 48 unit dan Blok C 24 unit.

"Tapi kita akan melebihkan saat membangun. Jadi kalau ada yang belum terdata bisa ditampung," ujarnya.

Pantauan SINDOnews, saat ini di Blok A sejumlah pekerja tengah sibuk memasang rangka dan rangka atap baja ringan. Sementara di Blok C, pekerja sedang mengecor lantai shelter.
(ysw)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak