Polda Metro Jaya Evaluasi Penutupan Jalan di Tanah Abang

Kamis, 28 Desember 2017 - 12:20 WIB
Polda Metro Jaya Evaluasi Penutupan Jalan di Tanah Abang
Polda Metro Jaya Evaluasi Penutupan Jalan di Tanah Abang
A A A
JAKARTA - Polisi menyebutkan penutupan Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, berdampak pada terjadinya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra akan menyampaikan evaluasinya kepada Pemprov DKI Jakarta atas penutupan ruas jalan tersebut.

Halim Pagarra menegaskan bahwa keputusan menutup ruas jalan tersebut merupakan hasil kesepakatan bersama antara Pemprov DKI dan kepolisian. Jadi, tidak ada pelanggaran aturan dalam penutupan ruas jalan tersebut.

Sejauh ini, polisi juga masih mengikuti kebijakan yang diambil Pemprov DKI tersebut. Namun sejak diberlakukan penutupan ruas jalan tersebut, polisi terus melakukan kajian dan evaluasi agar kebijakan itu bisa bermanfaat bagi semua pihak, bukan hanya satu pihak semata.

"Perlu ada perbaikan. Nanti saya sampaikan ke gubernur," ujar Halim Pagarra kepada wartawan, Kamis (28/12/2017). (Baca: Atasi Macet di Tanah Abang, Jalan Jatibaru Raya Akan Ditutup)

Kajian dan evaluasi itu, kata dia, akan secepatnya disampaikkan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan dan kemudian dibicarakan bersama. Dari situ dibuatkan aturan baru untuk memperbaruhi kebijakan sebelumnya.

"Tentunya masyarakat yang tinggal disitu (Jatibaru) perlu dievaluasi, apakah terganggu aktivitasnya. Sudah saya sampaikan kepada gubernur, termasuk pengunjung pasar yang saya kira terganggu aktivitasnya," katanya.

Pagarra menambahkan, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan dari kebijakan penutupan ruas jalan itu, seperti persoalan sosial, terutama pedagang kaki lima. Lalu bagaimana menggunakan trotoar. "Ini yang perlu dibicarakan semua, bukan hanya satu aspek sehingga terjadi penegakan hukum," ucapnya.

Apabila hasil evaluasi tidak bisa menjawab semua aspek tersebut, tidak menutup kemungkinan penutupan ruas jalan itu tidak diteruskan."Bisa jadi (tidak ditutup lagi) karena masih ada beberapa yang perlu didudukkan bersama," pungkasnya. (Baca: Polisi Sebut Penutupan Jalan di Depan Stasiun Tanah Abang Picu Kecelakaan)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7895 seconds (0.1#10.140)