Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Safety Driving ke Sopir Truk

Sabtu, 18 November 2023 - 14:12 WIB
loading...
Relawan Ganjar Gelar Pelatihan Safety Driving ke Sopir Truk
Komunitas Sopir Truk (KST) menggelar pelatihan keselamatan berkendara (safety driving) di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (17/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komunitas Sopir Truk (KST) menggelar pelatihan keselamatan berkendara (safety driving) di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Relawan Ganjar Pranowo ini menekankan pentingnya persiapan maksimal sebelum berkendara untuk mencegah risiko kecelakaan lalu lintas.

“Berkendara biar aman, kita harus mengecek air radiatornya dulu sebelum berangkat. Minimal itu terus cek angin (tekanan ban) juga biar safety di jalan. Terkadang, kalau perjalanan jauh itu suka mengantuk di jalan,” kata salah seorang peserta, Maulfi Nazir Ahmad, Jumat (17/11/2023).

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, kecelakaan lalu lintas melibatkan kendaraan angkutan barang seperti truk menduduki peringkat kedua setelah sepeda motor. Angkanya mencapai 12% dari total kecelakaan pada 2022.

Kondisi itu pun tak hanya menimbulkan korban jiwa dan luka-luka dari kalangan sopir maupun warga lainnya. Kecelakaan juga menimbulkan kerugian materiil yang sangat mahal dan merugikan para pengusaha.

Oleh karena itu, dia pun mengapresiasi inisiatif para sukarelawan Ganjar yang menyelenggarakan pelatihan kali ini. “Cukup membantu. Jadi, untuk para driver itu jadi biar ada pengalaman lagi untuk (driver). Kegiatan hari ini lumayan bagus,” ujarnya.

Korwil KST Jakarta Amirul Amin menekankan pentingnya persiapan yang matang pada kendaraan maupun sopir yang akan bertugas membawanya. “Yang perlu diperhatikan juga sebelum berkendara seperti air (radiator), oli, tekanan ban, kapasitas ban, kapasitas muatan itu berapa banyak. Itu sudah kita edukasi ke semua peserta tadi yang datang,” katanya.

Menurut Amin, persiapan itu perlu dilakukan tak hanya oleh sopir. Namun juga pihak pemilik atau pengelola kendaraan yang akan digunakan untuk membawa barang-barang perniagaan.

Sehingga, saat terjadi kecelakaan lalu lintas melibatkan truk angkutan barang publik tidak hanya menyalahkan sopir. “Sopir itu karena memang di Indonesia masih (dinilai sebagai) pekerjaan yang bawah, dianggap sebelah mata. Pemilik mobil, yang mempekerjakan (sopir) juga masih sering melalaikan (aturan keselamatan),” ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan respons positif dari warga yang hadir, khususnya para sopir truk. Mereka pun menyatakan mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pilpres 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)