2.000 Personel TNI-Polri Disiagakan Amankan Penetapan Capres-Cawapres 2024 di KPU

Senin, 13 November 2023 - 11:37 WIB
loading...
2.000 Personel TNI-Polri Disiagakan Amankan Penetapan Capres-Cawapres 2024 di KPU
Ribuan personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan penetapan pasangan Capres-Cawapres 2024 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: MPI/Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Ribuan personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan penetapan pasangan Capres-Cawapres 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) , Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023). Hal ini menyusul adanya rencana aksi massa.

"Hari ini jajaran Polres Metro Jakarta Pusat yang dibantu dibackup oleh Polda Metro Jaya, Mabes Polri, dan Kodam Jaya, melaksanakan pengamanan, menyiagakan sekitar 2.000 personel gabungan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan pada Kantor KPU. Ini terkait info adanya beberapa elemen masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya di KPU," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jalan Imam Bonjol.

"Kami berharap bahwa penyampaian aspirasi pada hari ini bisa berjalan aman, damai, dan tertib," tambahnya.

Susatyo menjelaskan, pihaknya telah menutup Jalan Imam Bonjol depan Kantor KPU. "Kami tutup agar proses yang berjalan nanti di KPU oleh pada komisioner bisa juga sesuai dengan agendanya," katanya.



Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya lebih dulu akan menggelar sidang pleno secara tertutup sebelum penetapan nama. Setelah selesai, KPU akan menggelar konferensi pers mengumumkan nama pasangan calon.

Setelah dilakukan penetapan, kata Hasyim, KPU akan mengundang pasangan capres-cawapres untuk melakukan pengundian nomor urut. Pengundian itu dilangsungkan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, pada Selasa, 14 November 2023 besok.



Sebagai informasi, pasangan bakal capres cawapres yang berkas pendaftaran sudah diverifikasi KPU, yakni, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Sementara pasangan Prabowo-Gibran datang ke Kantor KPU pada 25 Oktober 2023.

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, Jalan Imam Bonjol atau tepat depan Kantor KPU sudah ditutup menggunakan barrier raksasa berwarna hitam-putih.

Arus kendaraan dari arah Jalan Diponegoro tidak lagi dapat lurus menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) atau Jalan MH Thamrin-Jenderal Sudirman. Arus lalu lintas dibelokkan ke Jalan HOS Cokroaminoto Taman Menteng maupun Kuningan.

Terlihat juga lima unit water canon dan mobil pengurai massa telah berjaga di balik barrier. Petugas gabungan TNI-Polri juga telah berjaga di sekitar kantor KPU RI.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)