Kapolda Metro Jaya Kelahiran Jawa Timur, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolri

Sabtu, 11 November 2023 - 14:03 WIB
loading...
Kapolda Metro Jaya Kelahiran Jawa Timur, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolri
Dua perwira tinggi Polri kelahiran Jawa Timur pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Foto/MPI/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda ) merupakan jabatan yang dipegang oleh perwira tinggi Polri terbaik. Tak terkecuali di wilayah Polda Metro Jaya .

Sepanjang berdirinya Polda Metro Jaya, sudah ada 40 perwira tinggi terbaik Polri yang dipercaya menjadi Kapolda Metro Jaya.

Puluhan perwira tinggi terbaik ini berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Salah satunya Jawa Timur, sejumlah putra daerah asal provinsi ini pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.


Berikut dua Kapolda Metro Jaya yang lahir di Jawa Timur:

1. Komjen (Purn) Pol Putut Eko Bayu Seno


Putut Eko Bayu Seno pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya pada tahun 2014 silam. Putut lahir pada 28 Mei 1961 di Tulungagung, Jawa Timur.

Mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menjalani masa pendidikannya di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) tahun 1984.

Putut Eko Bayu Seno mengawali karier kepolisiannya dengan menjabat sebagai PA Staff di PTIK tahun 1984 setelah kelulusannya dari AKABRI.

Kapolda Metro Jaya Kelahiran Jawa Timur, Nomor 2 Pernah Jabat Kapolri

Komjen (Purn) Putut Eko Bayu Seno (kiri) saat masih menjabat Kapolda Metro Jaya. Foto/MPI

Sebagai seorang polisi yang berpengalaman di bidang Lalu Lintas, dia sempat mendapatkan jabatan penting seperti PS Kabag Tatib Lantas Polda Sulteng (1993), Kabag Jianma Ditlantas Polda Sulteng (1994), Guru Muda Pusdik Lantas Polri (1995), Kabag Regident Ditlantas Polda Jambi (1997), Kabag Tatib Lantas Polda Jatim (1998) dan Kabag Regident Ditlantas Polda Jatim (1999).

Pada tahun 2004, Putut Eko Bayu Seno yang kala itu masih berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dipercaya untuk menjadi Ajudan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono selama lima tahun.

Setelah itu dia langsung diangkat menjadi Wakapolda Metro Jaya dan menjadi salah satu yang termuda sepanjang sejarah Polda Metro Jaya. Di mana usianya kala itu sekitar 48 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)