Kiai dan Santri di Depok Istigasah untuk Kemenangan Ganjar-Mahfud

Senin, 30 Oktober 2023 - 16:49 WIB
loading...
Kiai dan Santri di Depok Istigasah untuk Kemenangan Ganjar-Mahfud
Sejumlah kiai dan santri di Kota Depok menggelar istigasah untuk kemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Ponpes Assaadah, Cipayung, Depok, Minggu (29/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DEPOK - Sejumlah kiai dan santri di Kota Depok menggelar istigasah untuk kemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di kontestasi Pilpres 2024. Momen tersebut digelar bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN).

Kegiatan tersebut berlangsung di Ponpes Assa'adah, Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok, Minggu (29/10/2023). Pengasuh Pondok Pesantren Assa'adah KH Abdul Mujib mengatakan, HSN adalah apresiasi dari pemerintah terhadap perjuangan para ulama dan santri dalam memerdekakan dan mempertahankan Indonesia. "Itu merupakan perjuangan para ulama dulu dalam menjaga negara dan menjaga agama," katanya dikutip pada Senin (30/10/2023).

Kemudian, menurut Abdul Mujib, dari beberapa pasangan capres dan cawapres. Yang memiliki visi misi dalam program menjaga negara, maupun agama ada pada sosok Ganjar-Mahfud.

Atas dasar itulah, pihaknya menggelar doa bersama dan istigasah untuk kemenangan mereka di Pilpres 2024. "Semoga Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD dimenangkan oleh Allah, bisa mengemban amanat sebagai presiden dan wakil presiden pada periode 2024-2029, untuk bisa melaksanakan dua hal itu tadi," harapnya.

Dalam istigasah tersebut para kiai dan bu nyai melakukan deklarasi mendukung pasangan Ganjar-Mahfud. "Kami para kiai dan bu nyai pengasuh ponpes dan pimpinan majelis taklim se-Kota Depok dengan ini memilih dan siap memenangkan Bapak Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Semoga Allah SWT memudahkan langkah perjuangan dan meridhoi kita semua," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud MD, Gatot Eddy Pramono yang hadir pada agenda tersebut mengapresiasi istigasah yang diinisiasi ulama dan santri. "Pak Ganjar dan Pak Mahfud juga memiliki latar belakang pesantren. Kami apresiasi atas doa bersama ini," katanya.

Menurutnya, saat ini sedang berlangsung kontestasi politik sehingga perlu dijaga dan jangan sampai panasnya suhu politik dibiarkan saja. "Kita buat menjadi sejuk," ujarnya.

Lebih lanjut dia berpesan, agar Pemilu 2024 dapat dilaksanakan dengan aman, damai, penuh kegembiraan dan kesejukan. Ia pun meminta agar menjauhkan berita-berita hoaks dan ujaran-ujaran kebencian. "Tentunya di sini saya mengimbau bagaimana caranya memenangkan Pak Ganjar dan Pak Mahfud untuk menjadi presiden dan wakil presiden berikutnya," tuturnya.

Gatot mengetahui, di Depok masyarakatnya beragam, baik agama, suku bangsa dan bahasa. Karena itu jangan sampai terjadi kampanye adu domba dan negatif sehingga masyarakat terpolarisasi serta terpecah belah hingga menyebabkan gesekan-gesekan. "Kita tidak harapkan itu," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Depok periode 2013-2018 K H Raden Salamun Adiningrat mengatakan, nantinya setelah agenda ini akan dilanjutkan dengan menghadirkan Ganjar atau Mahfud MD secara langsung.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)