Begini Cara Balik Nama Sertifikat Tanah secara Online di Kabupaten Bekasi

Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:00 WIB
loading...
Begini Cara Balik Nama Sertifikat Tanah secara Online di Kabupaten Bekasi
Korsubsi Peralihan dan Pemeliharaan Data BPN Kabupaten Bekasi, M Darjat Supriatna. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN), melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi terus berupaya dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah proses pelayanan balik nama sertifikat tanah yang bisa dilakukan oleh masyarakat dari rumah dengan mendownload aplikasi yang sudah disiapkan Kementerian ATRBPN.

”Untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan, salah satunya balik nama sertifikat silahkan download saja aplikasi Lampion banyak layanannya,” ungkap Korsubsi Peralihan dan Pemeliharaan Data BPN Kabupaten Bekasi, M Darjat Supriatna kepada wartawan Rabu (18/10/2023).

Setelah masyarakat mendownload aplikasi Lampion Kantor Pertahanan Kabupaten Bekasi masyarakat. Selanjutnya, meng-upload syarat-syarat ditentukan file Portable Document Format (PDF) mulai sertifikat tanah, akta jual beli (AJB) tanah, formulir permohonan diisi lengkap dan ditandatangani.

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) penjual serta pembeli atau pemilik awal dan pewarisnya. Setelah pemohon meng-upload berbagai jenis persyaratan yang lengkap.



”Pemohon akan mendapatkan tiket setelah di validasi oleh para petugas yang nantinya akan dikeluarkan Surat Perintah Setor (SPS) yang dibayarkan untuk Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) setelah itu akan segera di proses,” ujarnya.

Metode pelayanan berbasis digital online itu bertujuan semakin memudahkan sistem dan alur pelayanan kepada masyarakat, karena tujuan BPN Kabupaten Bekasi mewujudkan Zona Integritas Bebas Korupsi mengedepankan transparasi dalam berbagai jenis pelayananya.

”Terkadang memang masih ada sedikit kendala ketika aplikasi lemot karena banyaknya pelayanan pemohon. Namun kami terus berbenah agar sistem robotik ini terus semakin lebih baik lagi karena setiap minggu kita perbaiki,” ungkapnya.

Diharapkan dengan banyaknya konsep-konsep terobosan yang saat ini dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. ”Semoga dengan inovasi menghadirkan pelayanan yang optimal dan cepat,” tegasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)