Bendera Merah Putih Terbesar di Dunia Berkibar di Tangerang

Rabu, 02 Agustus 2017 - 20:40 WIB
Bendera Merah Putih Terbesar di Dunia Berkibar di Tangerang
Bendera Merah Putih Terbesar di Dunia Berkibar di Tangerang
A A A
TANGERANG - Bendera merah putih berukuran panjang 75 meter dan lebar 50 meter dikibarkan di dinding Apartemen Sudirman One, Cikokol, Kota Tangerang, Rabu malam (2/8/2017). Bendera yang diklaim terbesar di dunia ini akan berkibar di dinding Apartemen Sudirman One hingga 30 Agustus 2017.

Pengibaran bendera merah putih raksasa ini merupakan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Kota Tangerang. Sebanyak sembilan personel gabungan dari TNI, Polri, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang dikerahkan untuk mengibarkan bendera merah putih raksana tersebut.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismanayah menyampaikan terima kasih kepada Danrem, Dandim, Polres, tokoh masyarakat dan pemuda, serta SKPD yang sudah terlibat dalam pengibaran bendera raksasa tersebut.

"Pengibaran bendera merah putih gede jasa dari Kota Tangerang ini untuk Indonesia. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga persatuan dan kesatuan," ujar Arief yang baru saja dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2017 dari KORAN SINDO dan SINDOnews.

Komandan Kodim 0506 Letnan Kolonel Infanteri Muhamad Imam Gogor Agnie Aditya menambahkan, pesan yang ingin disampaikan dalam pengibaran bendera raksasa ini adalah menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di dalam dada masing-masing rakyat Indonesia.

Menurut dia, ada beberapa kendala dalam pengibaran bendera raksasa ini. Sejak pengibaran bendera dimulai sekitar pukul 16.38 WIB hingga 19.40 WIB, bendera masih belum sempurna berkibar.

Sejauh mata memandang, bendera raksasa itu hanya terlihat warna merahnya saja. Sedang warna putihnya hanya berhasil diturunkan sedikit. Sisanya masih tergulung di dalam gedung. Pengibaran bendera inipun tidak tuntas hingga akhir acara.

"Pengibar bendera ada sembilan orang dari 27 tim. Terdiri dari Danrem, Kapolres, Dandim, Danramil Kresek, PBDB, PMI, Damkar, Dinas Lingkungan Hidup dan Babinsa. Nanti sisanya akan diselesaikan malam ini juga," kata Imam Gogor.

Awalnya, dia mengusulkan pengibaran bendera raksana ini dilakukan tepat 17 Agustus 2017. Namun Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meminta agar pengibaran bendera dimajukan pada 1 Agustus 2017. Tetapi karena bendera raksasa itu belum selesai dijahit, akhirnya baru terlaksana hari ini.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5094 seconds (0.1#10.140)