Berkesenian di Tengah Pandemi, Pemkot Tangerang Gelar Mimbar Budaya Pahlawan Virtual

Rabu, 18 November 2020 - 05:49 WIB
loading...
Berkesenian di Tengah Pandemi, Pemkot Tangerang Gelar Mimbar Budaya Pahlawan Virtual
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan (Disbudpar) menggelar Mimbar Budaya Pahlawan, Selasa (10/11/20), di City Gallery.
A A A
TANGERANG - Pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang bagi musisi atau seniman di Kota Tangerang untuk berkarya. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan (Disbudpar) menggelar Mimbar Budaya "Pahlawan", Selasa (10/11/20), di City Gallery.

Dalam konser Mimbar Budaya Virtual ini, Disbudpar menghadirkan Samsaka dan Komunitas Seni Budaya Budaya (KSBB) yang menyajikan penampilan gambang keromong.

Acara yang dihadiri Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin melalui virtual ini menghadirkan Samsaka Band dengan suara khasnya dan Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB) dari Kecamatan Karang Tengah yang menyajikan gambang kromong. Wakil Walikota Tangerang H Sachrudin juga mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada para seniman dan budayawan yang ada di Kota Tangerang.

“Pemkot Tangerang yang dipimpin Pak Walikota sudah berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Melalui program Gebrak Masker, Gerakan 3M, Operasi Aman Bersama, Wawaran, dan berbagai program lainnya, kita lakukan untuk mencegah corona,” papar Sahrudin.

Sachrudin juga meminta covid-19 tidak menjadi penghalang untuk tetap bersilaturahmi dengan cara-cara yang aman. Salah satunya adalah melakukan silaturahmi secara virtual. “Termasuk kegiatan konser budaya pahlawan secara virtual ini, salah satu ajang silaturahmi kita kepada masyarakat. Ini sangat saya apresiasi. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang melanjutkan perjuangan para pahlawannya,” ucap Sachrudin.

Sementara itu, Kepala Disbudpar, Ubaidillah Ansar, mengungkapkan, mimbar budaya ini selain sebagai wadah bagi para seniman berekspresi juga menjadi salah satu sajian budaya di Kota Tangerang.

"Melalui konser virtual ini, kami berharap tak sekadar melestarikan kebudayaan Kota Tangerang saja. Namun, mampu menyajikan hiburan yang memasyarakat untuk mereka yang bosan dengan aktivitas di rumah khususnya selama pandemi Covid-19 ini," ungkap Ubaidillah.

Konser kebudayaan virtual ini disajikan melalui tayangan live streaming di chanel Youtube Kota Tangerang yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Kota Tangerang.

"Konser virtual ini akan berlangsung tiga kali lagi. Jadi, bagi masyarakat yang ingin menyaksikan konser kebudayaan secara virtual selanjutnya, bisa terus pantengin chanel youtube dan instagram Tangerang TV. Dengan suguhan yang menarik lainnya," katanya.

Meski berlabel mimbar, acara yang dimulai sekitar pukul 16.30 hingga 17.30 WIB ini tidak hanya penjelasan-penjelasan dari Disbudpar tentang apa saja budaya-budaya dan tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Tangerang, namun juga ditampilkan secara live seni budaya asli Kota Tangerang.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)