Sulap Kolam Bundaran HI Jadi Kubangan Gurita, Belasan Aktivis Diamankan Polisi

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 13:45 WIB
loading...
Sulap Kolam Bundaran HI Jadi Kubangan Gurita, Belasan Aktivis Diamankan Polisi
Kolam Bundaran HI, Jakarta Pusat dijadikan kubangan ornamen gurita raksasa oleh aktivis Greenpeace, Jumat (6/10/2023). Akibatnya, 12 orang diamankan Polsek Menteng. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JAKARTA - Kolam Bundaran HI , Jakarta Pusat mendadak disulap jadi kubangan ornamen gurita raksasa, Jumat (6/10/2023). Kubangan gurita dibuat oleh pengunjuk rasa dari aktivis Greenpeace .

Akibatnya, 12 orang diamankan Polsek Menteng. “Mereka masuk kolam Bundaran HI. Sudah diberikan imbauan oleh petugas, namun diabaikan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin, Jumat (6/10/2023).



Mereka sudah mendapat peringatan keras ketika memasukkan ornamen-ornamen unjuk rasa ke kolam Bundaran HI. Belasan aktivis juga menceburkan diri ke kolam Bundaran HI.

Menurut dia, mereka datang pagi-pagi sembari membawa beberapa atribut berupa ornamen gurita. "Sekitar pukul 05.30 WIB ada beberapa orang yang datang ke Bundaran HI membawa beberapa atribut," ucapnya.

Komarudin menambahkan aksi yang dilakukan aktivis itu tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dulu. “Unjuk rasa itu tidak memerlukan izin, tapi dalam UU diatur setiap mengemukakan pendapat di muka umum harus wajib lapor, bukan pemberitahuan ke pihak kepolisian. Itu yang pertama. Jadi mereka tanpa pemberitahuan,” ujarnya.

“Ini pembelajaran bagi yang lain. Silakan saya sangat menegaskan mengimbau seluruh masyarakat, kebebasan berpendapat jangan diartikan dengan sebebas-bebasnya, bisa dilakukan semaunya. Itu semua ada aturan,” sambungnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)