HUT ke-78 TNI, Begini Kekuatan Pasukan yang Hadir di Monas

Kamis, 05 Oktober 2023 - 08:56 WIB
loading...
HUT ke-78 TNI, Begini Kekuatan Pasukan yang Hadir di Monas
Dalam upacara dan Defile HUT ke-78 TNI tahun 2023 ini sebanyak 4.630 personel pasukan dan 130 alutsista gegap gempita menyerbu kawasan Monas Timur. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) hari ini genap memasuki usia ke-78 tahun. Upacara dan parade peringatan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dalam upacara dan Defile HUT ke-78 TNI tahun 2023 ini sebanyak 4.630 personel pasukan dan 130 alutsista gegap gempita menyerbu kawasan Monas Timur.

Kekuatan pasukan upacara parade terdiri dari Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad, dan Komduk dan Satsik.


Sedangkan kekuatan untuk defile pasukan dan alutsista terdiri dari 1 Yon Drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kelompok Panji-Panji, 1 Brigade Gabungan (1 Yon POM, 1 Yon Wan TNI dan 1 Yon Taruna Akademi TNI), 1 Brigade TNI, 1 Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad dan Komduk, 1 Kompi Pasukan Teatical dan pok Pers Veteran (naik kendaraan).

HUT ke-78 TNI, Begini Kekuatan Pasukan yang Hadir di Monas


Tak hanya itu, HUT TNI kali ini juga melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara. Mereka yakni fly pass pesawat tempur, helly, dan free fall sebanyak 78 personel.

Selain itu tari helly diiringi lagu gemu famire dan diikuti Wan TNI dan ibu-ibu sebanyak 300 personel, dan display drumband Taruna Akademi TNI sejumlah 250 personel. Lalu akan ditutup dengan demonstrasi Kolone Senapan Kolosal sebanyak 678 personel.


Sederet pejabat tinggi turut hadir di acara ini, seperti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bertindak sebagai inspektur upacara, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

HUT ke-78 TNI, Begini Kekuatan Pasukan yang Hadir di Monas


Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Mayjen TNI Choirul Anam, yang sehari-hari menjabat Panglima Divisi Infanteri 3/Kostrad. Sementara pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY) didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat).

Sedangkan perwakilan penerima tanda kehormatan antara lain Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos (Aspotmar Kasal), dan Marsda TNI Andi Kustoro (Pangkoopsud II).
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)